being

Indonesian translation: menjadi

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:being
Indonesian translation:menjadi
Entered by: Agustinus

05:01 Jan 15, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Psychology
English term or phrase: being
- doing and being have been always intimately related.
- ... it is more nuerologically engaged with being.



thank you
Agustinus
Indonesia
menjadi
Explanation:
"Being" merupakan konsep yang banyak ditemui dalam filsafat, spiritualitas dan psikologi.

"Doing" membawa pengertian berbuat, berkiprah, menggeluti, melakukan, dan seterusnya. Konsep ini berciri transitif.
"Being" mengandung pengertian menjadi, mengada, dan mewujud, yang ditandai dengan karakter intransitifnya.

"Doing" berarti mengubah sesuatu; "being" berarti subjek pelakunya yang berubah atau menjadi sesuatu.

Doing and being = berbuat dan menjadi

Selected response from:

fird_77
Indonesia
Grading comment
terima kasih.
2 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4mengada
Tasfan Sadikin
4kewujudan
Achmad Fuad Lubis
4manusia
Alex Andra
4menjadi
fird_77
3keberadaan
Ikram Mahyuddin
3mengalami
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


42 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
mengalami


Explanation:
IMHO. Kami mengusulkan "Doing and being = melakukan dan mengalami".

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
menjadi


Explanation:
"Being" merupakan konsep yang banyak ditemui dalam filsafat, spiritualitas dan psikologi.

"Doing" membawa pengertian berbuat, berkiprah, menggeluti, melakukan, dan seterusnya. Konsep ini berciri transitif.
"Being" mengandung pengertian menjadi, mengada, dan mewujud, yang ditandai dengan karakter intransitifnya.

"Doing" berarti mengubah sesuatu; "being" berarti subjek pelakunya yang berubah atau menjadi sesuatu.

Doing and being = berbuat dan menjadi



fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 12
Grading comment
terima kasih.

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
manusia


Explanation:
"Being" --> makhluk hidup. Dalam konteks ini, mungkin yang dimaksudkan adalah manusia.

Sedangkan "doing" itu bisa diterjemahkan sebagai perbuatan.

Alex Andra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in ChineseChinese

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kewujudan


Explanation:
http://kbbi.web.id/wujud

berwujud /ber·wu·jud / 1 v mempunyai wujud; ada wujudnya; 2 a nyata; konkret;
kewujudan/ke·wu·jud·an/ n perihal adanya wujud (sesuatu); keadaan wujud

Dari konteksnya: doing and being have been always intimately related.
- ... it is more neurologically engaged with being
dapat diartikan perbuatan dan kewujudan hampir selalu berhubungan erat...................secara neurologi lebih berkaitan dengan kewujudan

Padanan dalam konteks ini diusulkan kewujudan.
IMO.


Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
keberadaan


Explanation:
https://books.google.co.id/books?id=TCLsgM1LmPgC&pg=PA41&lpg...

--------------------------------------------------
Note added at 6 jam (2016-01-15 11:20:33 GMT)
--------------------------------------------------

Sementara itu, "doing" mungkin bisa diterjemahkan menjadi "perbuatan".

https://books.google.co.id/books?id=Qu6oWuZ2xLcC&pg=PA58&lpg...


Ikram Mahyuddin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 29

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Erich Eko: Untuk konsistensi: doing: melakukan, being: mengada
1 hr
  -> Terima kasih, Erich

2 days 10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mengada


Explanation:
Konteksnya adalah doing = aktif dan being = pasif.

Ketimbang sekadar melakukan atau doing, berarti being berarti tidak melakukan apa-apa alias sekadar ada. Karena itu, saya usulkan sebagai meng-ada.


Tasfan Sadikin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search