https://wiki.proz.com/kudoz/indonesian-to-english/law-general/6723038-akta-pengikatan-jual-beli-lunas-kuasa.html

Akta Pengikatan Jual Beli Lunas & Kuasa

English translation: Certificate of Paid Up Sale and Purchase Commitment Agreement and Power of Sale

02:47 Oct 23, 2019
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
Indonesian term or phrase: Akta Pengikatan Jual Beli Lunas & Kuasa
Demikian Judul Akta Notaris.
Sekedar gambaran, isi dari akta tersebut adalah (1) Objek jual beli (tanah) dalam akta ini masih dalam status jaminan (agunan) di suatu bank; (2) Para Pihak ingin mengadakan transaksi jual beli objek tersebut dengan harga yang ditetapkan pada saat akta dibuat dan tetap berlaku untuk nanti pada waktunya di kemudian hari; (3) Harga objek jual beli telah dibayar lunas; (4) Salah satu pasal berisi pemberian kuasa kepada Pembeli untuk melakukan segala pengurusan sehubungan dengan objek tsb. setelah objek tidak lagi menjadi jaminan di bank;

Mohon bantuan bapak/ibu sekalian membantu padanan frasa tersebut dalam bahasa Inggris.
Terima kasih sebelumnya.
Imron Mahmud
English translation:Certificate of Paid Up Sale and Purchase Commitment Agreement and Power of Sale
Explanation:
Lunas = Paid up

Pengikatan Jual Beli (lebih lengkapnya, Perjanjian Pengikatan Jual Beli) = Sale and Purchase Commitment Agreement

Karena jual-belinya sudah dilunasi, maka otomatis dalam perjanjian ini diatur kuasa. Kuasa yg dimaksud di sini adalah kuasa untuk menjual.

Kuasa untuk Menjual = Power of Sale

Ref.:
Power of sale is a clause written into a mortgage note authorizing the mortgagee to sell the property in the event of default in order to repay the mortgage debt.
https://www.investopedia.com/terms/p/power-of-sale.asp

. . . sale and purchase commitment agreement (PPJB) . . ..
https://foresight-id.com/en/summary-of-circular-letter-of-th...

Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) . . ..
http://www.legalakses.com/yang-perlu-diperhatikan-dalam-perj...

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2019-10-23 07:27:55 GMT)
--------------------------------------------------

Karena objek jual beli (tanah) masih dalam status dijaminkan ke bank, maka Akta Jual Beli (AJB) tanah tsb belum bisa dibuat.

Namun, karena penjual mungkin sedang butuh uang segera dan pembeli memang tertarik dg tanahnya dan bersedia membayar lunas, maka untuk melindungi hak dan kepentingan masing2 pihak, diadakanlah suatu perjanjian yg disebut Perjanjian Pengikatan Jual Beli Lunas (PPJBL).

Dg adanya PPJBL ini, setelah tanah terbebas dari jaminan di bank, maka pembeli bisa segera mendatangi notaris/PPAT untuk membuat AJB tanpa kehadiran penjual karena penjual sudah memberikan kuasa menjual tanahnya kepada pembeli.
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt548f3f2f8...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih pak Hyp atas bantuannya
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Deed of Fully Paid Sale and Purchase Agreement & [Grant of] Power of Attorney to Buyer
Erich Ekoputra
5Certificate of Paid Up Sale and Purchase Commitment Agreement and Power of Sale
Hipyan Nopri


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Certificate of Paid Up Sale and Purchase Commitment Agreement and Power of Sale


Explanation:
Lunas = Paid up

Pengikatan Jual Beli (lebih lengkapnya, Perjanjian Pengikatan Jual Beli) = Sale and Purchase Commitment Agreement

Karena jual-belinya sudah dilunasi, maka otomatis dalam perjanjian ini diatur kuasa. Kuasa yg dimaksud di sini adalah kuasa untuk menjual.

Kuasa untuk Menjual = Power of Sale

Ref.:
Power of sale is a clause written into a mortgage note authorizing the mortgagee to sell the property in the event of default in order to repay the mortgage debt.
https://www.investopedia.com/terms/p/power-of-sale.asp

. . . sale and purchase commitment agreement (PPJB) . . ..
https://foresight-id.com/en/summary-of-circular-letter-of-th...

Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) . . ..
http://www.legalakses.com/yang-perlu-diperhatikan-dalam-perj...

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2019-10-23 07:27:55 GMT)
--------------------------------------------------

Karena objek jual beli (tanah) masih dalam status dijaminkan ke bank, maka Akta Jual Beli (AJB) tanah tsb belum bisa dibuat.

Namun, karena penjual mungkin sedang butuh uang segera dan pembeli memang tertarik dg tanahnya dan bersedia membayar lunas, maka untuk melindungi hak dan kepentingan masing2 pihak, diadakanlah suatu perjanjian yg disebut Perjanjian Pengikatan Jual Beli Lunas (PPJBL).

Dg adanya PPJBL ini, setelah tanah terbebas dari jaminan di bank, maka pembeli bisa segera mendatangi notaris/PPAT untuk membuat AJB tanpa kehadiran penjual karena penjual sudah memberikan kuasa menjual tanahnya kepada pembeli.
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt548f3f2f8...


Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 230
Grading comment
Terima kasih pak Hyp atas bantuannya

10 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Deed of Fully Paid Sale and Purchase Agreement & [Grant of] Power of Attorney to Buyer


Explanation:

🏛️ Transaksi lunas berarti jual-beli sudah terjadi. Namun, yang baru nyata adalah penyerahan uang, barang atau objeknya sendiri masih jadi agunan. Untuk memfasilitasi penyerahan objek, dibuatkan surat kuasa supaya Pembeli dapat mengambil langsung dokumen kepemilikan objek dari bank ketika sudah lepas masa agunan.

🏛️ Jadi, karena dokumen berbentuk akta (deed), intinya adalah Deed of Sale and Purchase Agreement. Guna memastikan dan mencatat dua hal tersebut (serah uang dan serah objek), cukup tambahkan menjadi: Deed of Fully Paid Sale and Purchase Agreement & [Grant of] Power of Attorney to Buyer.

Frasa Grant of boleh ditiadakan agar ringkas, walau sebaiknya ada per surjaya ke-2.

Surjaya ke-3 menunjukkan contoh pernyataan seorang penjual properti yang memberi kuasa kepada Pembeli.

⭐ SURJAYA ⭐
https://jurnal.uns.ac.id/repertorium/article/view/18296
This article was made to analyze the reasons (ratio decidendi) decision on the cancellation of the Deed of Sale and Purchase Agreement of land by the judge.

https://www.themalawyer.com/ma-forms-downloads/
Form of Bill of Sale – Attachment to Asset Purchase Agreement
Instrument through which title to tangible personal property and certain other assets may be transferred at closing of an asset sale. Includes a further assurances covenant and grant of power of attorney to buyer.

http://realeflow.com/little-green-book/dl/LittleGreenBook.pd...
I agree to sign a limited power of attorney to Buyer or his assigns to deal with any clerical, human, computer and/or mathematical errors that may occur in the processing of the documentation for the property or any future dealing with lender, lienholders or any other parties that may have an interest in the property.

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 384
Notes to answerer
Asker: Terima kasih pak Erich atas bantuannya.. sukses selalu





The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also: