Tambahan Berita Negara Republik Indonesia

English translation: Supplement to Official Gazette of the Republic of Indonesia

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:Tambahan Berita Negara Republik Indonesia
English translation:Supplement to Official Gazette of the Republic of Indonesia
Entered by: Agustinus

10:28 Jul 30, 2013
Indonesian to English translations [PRO]
Law (general)
Indonesian term or phrase: Tambahan Berita Negara Republik Indonesia
(memang sudah ada beberapa rujukan di proz - namun terasa kurang mantap ha ha..)

Terima kasih
Agustinus
Indonesia
Supplement to Official Gazette of the Republic of Indonesia
Explanation:
Berita Negara = Official Gazette

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2013-07-30 13:15:54 GMT)
--------------------------------------------------

Lembaran Negara = State Gazette

Ini salah satu tautannya: http://www.proz.com/kudoz/indonesian_to_english/law_patents/...

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2013-07-30 14:08:14 GMT)
--------------------------------------------------

Lembaran Negara adalah suatu Lembaran (kertas) tempat mengundangkan atau mengumumkan suatu peraturan-peraturan negara dan pemerintah agar sah berlaku. Penjelasan daripada suatu undang-undang dimuat dalam Tambahan Lembaran Negara, yang mempunyai nomor berurut. Lembaran Negara diterbitkan oleh Departemen Kehakiman (sekarang Sekretariat Negara), yang disebut dengan tahun pemberitahuan dan nomor berurut.

Berita Negara adalah suatu penerbitan resmi Menteri Kehakiman (Sekretariat Negara) yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan peraturan-peraturan negara dan pemerintah dan memuat surat-surat yang dianggap perlu, seperti: akta pendirian PT, firma, koperasi, nama-nama orang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia, dan lain-lain.
( http://dwisetiati.wordpress.com/2012/06/05/lembaran-negara-d... )

Tautan lain yang cukup membantu adalah http://maribelajarhukum.blogspot.com/2011/03/bab-ii-penganta... .
Selected response from:

Rosmeilan Siagian
Indonesia
Grading comment
thanks :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5Addendum to State Gazette of the Republic of Indonesia
Muhammad Iwan Munandar, PhD
5Supplement to Official Gazette of the Republic of Indonesia
Rosmeilan Siagian
5Supplementary State Gazette of the Republic of Indonesia
Erich Ekoputra
5Supplement to the State Gazette of the Republic of Indonesia
Kaharuddin


  

Answers


52 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Supplement to the State Gazette of the Republic of Indonesia


Explanation:
.

Kaharuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Supplementary State Gazette of the Republic of Indonesia


Explanation:

Pertanyaan lama, jawaban lama... Tetapi, tenang. Ada argumen baru.

Pertama, berita negara atau BN sepertinya dibagi dua:
(a) kabar resmi dari negara, seperti peraturan pemerintah, keputusan MPR, dlsb. yang juga mencakup daftar perseroan.

(b) kabar resmi campur sari non-negara, antara lain pengumuman, penggilan sidang, dlsb, yang juga mencakup akta perusahaan (pendirian, perubahan).

Jadi, seolah-olah ada berita utama dan berita tambahan. Ref untuk ini antara lain:

http://beritanegara.blogspot.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/State_Gazette

Kedua, tambahan berita negara atau TBN menginduk ke suatu BN. Hubungan ini tersirat pada daftar berikut:

http://www.djpp.kemenkumham.go.id/harmonisasi-peraturan-lain...

Perhatikan khususnya BN di nomor 18: inilah induk bagi TBN yang berisi akta perusahaan.

Dari sini, simpulannya IMHO adalah bahwa:
(a) BN dan TBN sama-sama berita negara, alias sama-sama state gazette

(b) TBN berfungsi sebagai pelengkap alias supplementary, sementara BN bersifat utama. Sebagai yang utama, tentu BN tidak perlu embel-embel; TBN yang mesti mengadopsi adjektiva tersebut.

Akhirnya, kita bisa bandingkan penggunaan supplementary dengan elemen-elemen aturan dan hukum lainnnya:

"supplementary regulations", "supplementary regulation"
"supplementary acts", "supplementary act"
"supplementary laws", "supplementary law"
"supplementary deeds", "supplementary deed"


Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 384

43 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Supplement to Official Gazette of the Republic of Indonesia


Explanation:
Berita Negara = Official Gazette

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2013-07-30 13:15:54 GMT)
--------------------------------------------------

Lembaran Negara = State Gazette

Ini salah satu tautannya: http://www.proz.com/kudoz/indonesian_to_english/law_patents/...

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2013-07-30 14:08:14 GMT)
--------------------------------------------------

Lembaran Negara adalah suatu Lembaran (kertas) tempat mengundangkan atau mengumumkan suatu peraturan-peraturan negara dan pemerintah agar sah berlaku. Penjelasan daripada suatu undang-undang dimuat dalam Tambahan Lembaran Negara, yang mempunyai nomor berurut. Lembaran Negara diterbitkan oleh Departemen Kehakiman (sekarang Sekretariat Negara), yang disebut dengan tahun pemberitahuan dan nomor berurut.

Berita Negara adalah suatu penerbitan resmi Menteri Kehakiman (Sekretariat Negara) yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan peraturan-peraturan negara dan pemerintah dan memuat surat-surat yang dianggap perlu, seperti: akta pendirian PT, firma, koperasi, nama-nama orang dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia, dan lain-lain.
( http://dwisetiati.wordpress.com/2012/06/05/lembaran-negara-d... )

Tautan lain yang cukup membantu adalah http://maribelajarhukum.blogspot.com/2011/03/bab-ii-penganta... .

Rosmeilan Siagian
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 64
Grading comment
thanks :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Erich Ekoputra: Hai Ros, LN bukannya berisi hanya peraturan resmi (Official), yg lalu diumumkan lewat BN? IMHO, Lembaran Negara lebih resmi derajatnya// Ya, namun situs2 Belanda/Belgi mengatakan staatsblad/LN = Official Journal, mis. wikipedia Belgia
2 hrs
  -> Hai, Pak Erich. Salah satu dasar pemilihan 'state gazette' sebagai padanan 'lembaran negara' adalah untuk mempertahankan bentuk dalam bahasa Belandanya 'staatsblad'. Berita Negara adalah suatu penerbitan 'resmi' Departemen Kehakiman.

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Addendum to State Gazette of the Republic of Indonesia


Explanation:
'addendum' dipakai untuk konteks formal, legal, regulasi dan/atau kebijakan.

http://oald8.oxfordlearnersdictionaries.com/dictionary/adden...

www.bi.go.id/NR/rdonlyres/BBE463C8.../PBI10312008ENG.pdf
http://books.google.co.id/books?id=gRVguQcvtksC&pg=PA214&lpg...

Muhammad Iwan Munandar, PhD
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 44




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search