kepelabuhan

English translation: ports and harbors

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:kepelabuhanan
English translation:ports and harbors
Entered by: Wiyanto Suroso

05:14 Jul 12, 2013
Indonesian to English translations [PRO]
Law/Patents - Law (general)
Indonesian term or phrase: kepelabuhan
Peraturan Pemerintah No. XXX tentang kepelabuhan
esther tanuadji
Indonesia
ports and harbors
Explanation:
Yang dirujuk ialah Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan. Yang ditanyakan "kepelabuhan". Tampaknya kurang akhiran "an".

"kepelabuhanan" bermakna hal ikhwal tentang pelabuhan. Dalam bahasa Inggris, ini berpadanan dengan "ports and harbors". Apa beda kedua istilah ini? Silakan melihat pada tautan berikut:

http://wiki.answers.com/Q/What_is_the_difference_between_har...

Indonesia Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah Konferensi The International Association of Ports and Harbours Ke-30 pada Tahun 2017

Konferensi IAPH Ke-30. akan diselenggarakan secara bersama oleh PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero). Diwakili oleh PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC, Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah konferensi dua tahunan yang mengumpulkan seluruh pengelola dan pakar pelabuhan, untuk menemukan solusi atas isu-isu dan ide-ide terbaru terkait kepelabuhanan.

http://www.bumn.go.id/pelindo2/id/publikasi/siaran-pers/indo...
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2port management
Erich Ekoputra
4ports and harbors
Wiyanto Suroso
3 +1portage
Norazilinah Ingram


  

Answers


44 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
portage


Explanation:
Bezanya pelabuhan dengam kebelabuhan -
Pelabuhan adalah - port
port : kb. 1 pelabuhan. river p. bandar/pelabuhan. 2 Nav.: sisi kiri. 3 anggur port. -ks. kiri. on the p. side di sisi kiri.


Kepelabuhan - adalahan portage
portage : kb. 1 (ongkos) pengangkutan. 2 pengangkutan perahu.

Norazilinah Ingram
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in MalayMalay

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Muhammad Iwan Munandar, PhD
13 mins
  -> terima kasih sdr. Iwan :)

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
ports and harbors


Explanation:
Yang dirujuk ialah Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan. Yang ditanyakan "kepelabuhan". Tampaknya kurang akhiran "an".

"kepelabuhanan" bermakna hal ikhwal tentang pelabuhan. Dalam bahasa Inggris, ini berpadanan dengan "ports and harbors". Apa beda kedua istilah ini? Silakan melihat pada tautan berikut:

http://wiki.answers.com/Q/What_is_the_difference_between_har...

Indonesia Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah Konferensi The International Association of Ports and Harbours Ke-30 pada Tahun 2017

Konferensi IAPH Ke-30. akan diselenggarakan secara bersama oleh PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV (Persero). Diwakili oleh PT Pelabuhan Indonesia II atau IPC, Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah konferensi dua tahunan yang mengumpulkan seluruh pengelola dan pakar pelabuhan, untuk menemukan solusi atas isu-isu dan ide-ide terbaru terkait kepelabuhanan.

http://www.bumn.go.id/pelindo2/id/publikasi/siaran-pers/indo...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 182

8 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
port management


Explanation:

kepelabuhan di dalam konteks ini bertalian dengan upaya mengatur, menjalankan, mengurus, dan mengelola kegiatan pelabuhan. Kata singkat untuk sederet tugas tersebut adalah: management. Hal ini dikuatkan oleh Ref 1 yang dwibahasa.

Catatan: tentang dalam peraturan lazimnya diterjemahkan menjadi concerning (mis. concerning port management.

Ref 1: http://lontar.ui.ac.id/helper/viewKoleksi.jsp?id=73976&lokas...
...Khusus di bidang perhubungan laut lahirnya PP 69 Tahun 2001 tentang Kepelabuhanan yang materinya tidak sejalan dengan jiwa UU No. 22 Tahun 1999...
...Particularly in the field of maritime, the Government Regulation No 69 Year 2001 on the port management in which the content is contradicting with the spirit Law No 22 Year 1999...


Ref 2: http://www.scribd.com/doc/35444697/Tropical-Coasts-Vol-14-No...
6 Agt 2010 - In recent years, the Xiamen Municipal Government has formulated nearly 30 local laws and regulations concerning port management..

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 384

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
1 hr
  -> Thanks a many, Ikram!

agree  Retno Damajanti
2078 days




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search