cuti menjelang bebas

English translation: pre-release treatment

07:27 Oct 27, 2012
Indonesian to English translations [PRO]
Law (general)
Indonesian term or phrase: cuti menjelang bebas
Disebut sebagai salah satu hak narapidana. I would like to know if there is a standard term for this in English. The problem with using the term "discharge" is that it could give more a connotation of discharge from the army, rather than from prison.
David Andersen
Australia
English translation:pre-release treatment
Explanation:
Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.2.PK.04-10 Tahun 2007 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat, cuti menjelang bebas adalah proses pembinaan Narapidana dan Anak Pidana di luar Lembaga Pemasyarakatan setelah menjalani 2/3 (dua pertiga) masa pidana, sekurang-kurangnya 9 (sembilan) bulan berkelakuan baik.

Dalam proses pemasyarakatan dikenal adanya dua periode pembinaan, yaitu di dalam dan di luar lembaga. Bagi narapidana, interaksi sosial dengan masyarakat mutlak diperlukan oleh karena tahap pembinaan di luar lembaga adalah sebagai kelanjutan pembinaan yang dilakukan di dalam lembaga, dalam usaha mencapai tujuan pemasyarakatan yang sasaran utamanya adalah pemulihan kesatuan hubungan sosialnya. Pembinaan narapidana ketika menjelang bebas ini dimaksud untuk mengurangi efek negatif sebagai akibat pengasingan selama di dalam lembaga, serta membantu narapidana dalam menyesuaikan dirinya dalam kehidupan masyarakat.

Cuti Menjelang Bebas (CMB) merupakan bagian dari bentuk pembinaan dalam sistem pemasyarakatan. Dimana dalam pembinaan narapidana, mereka tetap diperlakukan sebagai anggota masyarakat juga sebagai mahluk Tuhan yang paling mulia.

Pengertian pembinaan Cuti Menjelang Bebas (CMB) menurut Bahrudin Soejobroto (1986:38) diartikan sebagai berikut :
Biasanya yang diberikan Pre-Release Treatment atau Cuti Menjelang Bebas (CMB) dalam dunia treatment of prisoners ialah pembinaan yang khusus direncanakan untuk jangka waktu tertentu sebelum periode pembinaan secara konstitusional berakhir pengembaliannya ke tengah masyarakat (dengan atau tanpa syarat).
Selected response from:

Rosmeilan Siagian
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4pre-release treatment
Rosmeilan Siagian
4parole
David Martin
4leave of pre-release
Ahmad Ridwan Munib
4pre-release discharge
Erich Ekoputra


  

Answers


53 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pre-release discharge


Explanation:

Dari sedikit riset, sepertinya discarge juga digunakan untuk pelepasan dari penjara. Mungkin karena menjelang bebas itu padanannya adalah pre-release.

Dari kamus Oxford:

pre-release
relating to the period before the release of a suspect or prisoner.

Jadi, bebas tepat waktunya (sesuai dengan putusan hakuim) disebut dengan release, sementara bebas sebelum waktunya diberi istilah lain, semisal bail, parole, dan discharge.

Ref: http://www.destination-home.info/Plan/Components/closefrontd...
A planning team will be developed that is composed of representatives from all publicly funded institutions – jails, hospitals, nursing homes, prisons, state hospitals and governing bodies – with the goal of developing community accepted pre-release discharge standards that do not permit discharge to homeless shelters.

Individuals who have been released from correctional institutions into homelessness are of particular concern. The State of Indiana currently accepts assignment to a homeless shelter as an appropriate discharge plan..


Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 384

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
leave of pre-release


Explanation:
The leave is meant, "cuti". So, cuti menjelang bebas can be meant as leave of pre-release. This is an alternative answering. The answer from Mas Erich is also good ...

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

1 day 18 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
parole


Explanation:
Prisoners normally are provided a period of time when they are still in the prison system, but are free to work and prove that they are worthy of release -- this is pior to release, and if completed successfully is followed by release from prison.

Example sentence(s):
  • tawanan diberi cuti menjelang bebas, sampai membuktikan kelakuannya benar kembali.
David Martin
Native speaker of: Native in EnglishEnglish

1 day 18 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pre-release treatment


Explanation:
Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.2.PK.04-10 Tahun 2007 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat, cuti menjelang bebas adalah proses pembinaan Narapidana dan Anak Pidana di luar Lembaga Pemasyarakatan setelah menjalani 2/3 (dua pertiga) masa pidana, sekurang-kurangnya 9 (sembilan) bulan berkelakuan baik.

Dalam proses pemasyarakatan dikenal adanya dua periode pembinaan, yaitu di dalam dan di luar lembaga. Bagi narapidana, interaksi sosial dengan masyarakat mutlak diperlukan oleh karena tahap pembinaan di luar lembaga adalah sebagai kelanjutan pembinaan yang dilakukan di dalam lembaga, dalam usaha mencapai tujuan pemasyarakatan yang sasaran utamanya adalah pemulihan kesatuan hubungan sosialnya. Pembinaan narapidana ketika menjelang bebas ini dimaksud untuk mengurangi efek negatif sebagai akibat pengasingan selama di dalam lembaga, serta membantu narapidana dalam menyesuaikan dirinya dalam kehidupan masyarakat.

Cuti Menjelang Bebas (CMB) merupakan bagian dari bentuk pembinaan dalam sistem pemasyarakatan. Dimana dalam pembinaan narapidana, mereka tetap diperlakukan sebagai anggota masyarakat juga sebagai mahluk Tuhan yang paling mulia.

Pengertian pembinaan Cuti Menjelang Bebas (CMB) menurut Bahrudin Soejobroto (1986:38) diartikan sebagai berikut :
Biasanya yang diberikan Pre-Release Treatment atau Cuti Menjelang Bebas (CMB) dalam dunia treatment of prisoners ialah pembinaan yang khusus direncanakan untuk jangka waktu tertentu sebelum periode pembinaan secara konstitusional berakhir pengembaliannya ke tengah masyarakat (dengan atau tanpa syarat).


    Reference: http://www.djpp.depkumham.go.id/inc/buka.php?czozNzoiZD1ibis...
    Reference: http://raypratama.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-...
Rosmeilan Siagian
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 64




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search