inherently

Indonesian translation: secara inheren

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:inherently
Indonesian translation:secara inheren
Entered by: Agustinus

17:05 Jan 8, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Social Science, Sociology, Ethics, etc.
English term or phrase: inherently
potential natural disaster area is inherently dangerous and inherently unpredictable.


thank you
Agustinus
Indonesia
secara inheren
Explanation:
KBBI edisi 4 cetak:

inheren a 1 berhubungan erat (dengan); tidak dapat diceraikan; melekat 2 yang menjadi sifat

Jadi, tidak apa-apa kalau diterjemahkan "secara inheren", maksudnya memang sudah menjadi sifatnya bahwa lokasi bencana itu berbahaya dan sulit ditebak. "Inheren" tak perlu diubah lagi karena memang sudah kata baku.
Selected response from:

Arkan Tanriwa
Indonesia
Grading comment
terima kasih.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2secara inheren
Arkan Tanriwa
5 +2pada dasarnya
Hipyan Nopri
4bersifat asli
Yuliana Wati
4memang
M. Laut
3selalu
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


28 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
bersifat asli


Explanation:
Inherent berarti sifat yang melekat pada sesuatu atau seseorang, sifat bawaan, sehari-hari dikatakan: sudah dari sananya begitu.

Jadi untuk "potential natural disaster area is inherently dangerous and inherently unpredictable", saran terjemahan saya adalah area yang berpotensi terjadi bencana alam memang bersifat asli membahayakan dan tak terduga.



    Reference: http://www.merriam-webster.com/dictionary/inherent
Yuliana Wati
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
secara inheren


Explanation:
KBBI edisi 4 cetak:

inheren a 1 berhubungan erat (dengan); tidak dapat diceraikan; melekat 2 yang menjadi sifat

Jadi, tidak apa-apa kalau diterjemahkan "secara inheren", maksudnya memang sudah menjadi sifatnya bahwa lokasi bencana itu berbahaya dan sulit ditebak. "Inheren" tak perlu diubah lagi karena memang sudah kata baku.

Arkan Tanriwa
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3
Grading comment
terima kasih.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Achmad Fuad Lubis
7 hrs
  -> Terima kasih!

agree  Erich Eko
3 days 4 hrs

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
pada dasarnya


Explanation:
Inherently = basically; essentially; fundamentally


    Reference: http://www.thesaurus.com/browse/inherently?s=t
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 31
Notes to answerer
Asker: terima kasih bung Hipyan.


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
2 hrs
  -> Terima kasih, Ikram.

agree  Dani Karuniawan: setubuh eits setujuh
3 hrs
  -> Terima kasih, Dani.:)

17 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
selalu


Explanation:
Alternatif jawaban. Karena sifatnya "potensi", maka dianggap "selalu" berbahaya dan "selalu" tidak bisa diprediksi. Karena itu, kami mengusulkan, "Inherently = selalu".

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

20 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
memang


Explanation:
<><><><>

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search