thought and mind

Indonesian translation: pikiran dan akal

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:thought and mind
Indonesian translation:pikiran dan akal
Entered by: Agustinus

08:25 Jan 18, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Psychology
English term or phrase: thought and mind
there is no such thing as pure thought and pure mind.


---

thank you.
Agustinus
Indonesia
pikiran dan akal
Explanation:
'Thought' muncul dan diolah dalam 'mind', itulah yang sering saya pahami dari teks-teks yang saya terjemahkan.
Selected response from:

fird_77
Indonesia
Grading comment
thank you.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2pikiran dan akal
fird_77
5pikiran dan jiwa
Dani Karuniawan
5akal dan pikiran
Toni Faisal


  

Answers


39 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
pikiran dan akal


Explanation:
'Thought' muncul dan diolah dalam 'mind', itulah yang sering saya pahami dari teks-teks yang saya terjemahkan.

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 12
Grading comment
thank you.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
5 hrs
  -> Trims Mas Ikram

agree  Hipyan Nopri
14 hrs
  -> Trims Bung Hipyan Hopri

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
akal dan pikiran


Explanation:
dalam terjemahan akan lebih tepat jika disebutkan sebagai ''akal dan pikiran''

Toni Faisal
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

9 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pikiran dan jiwa


Explanation:
Psikologi mengenal emotional mind dan rational mind.

Emotional mind adalah bagian dari otak yang mengurusi emosi manusia. Bahasa sehari-harinya adalah hati atau bahasa Inggrisnya adalah heart. Emotional mind ini mengurusi rasa marah, sedih, gembira, kecewa, lapar, haus, hasrat sex, naluri, dsj. Di sini terlihat bahwa mind tidak identik dengan akal.

Rational mind adalah bagian dari otak manusia yang mengurusi nalar. Bahasa sehari-harinya adalah akal, pikiran, atau nalar. Nah, ini baru yang identik dengan akal.

Contoh lainnya, conscious, subconscious, dan unconscious minds berarti alam sadar, alam sub sadar, dan alam bawah sadar. Mind di sini berarti alam.

Jadi, mind dalam psikologi itu gampangnya disebut aspek kualitatif dari otak. Mind meliputi segala macam emosi (sedih, senang, dsb), segala macam naluri (makan, minum, sex, agresi, dsb), nalar/ akal, ingatan (baik ingatan rasional maupun ingatan emosional), karakteristik psikologis manusia, pikiran, cara berpikir, intuisi, cara merasa, attitude, behaviour, dsb, termasuk yang ada dalam alam sadar, sub-sadar, maupun bawah sadar. Dalam psikologi, akal dan pikiran hanyalah bagian dari mind. Jadi, apakah mind dalam bidang ilmu ini? Jiwa.

Kata "jiwa" dalam ilmu psikologi itu diterjemahkan dari 2 kata dalam bahasa Inggris, yaitu soul dan mind. Dua-duanya bermakna jiwa. Kata "Psyche" dalam bahasa Yunani dapat berarti "soul" dan "mind".

085316797962

--------------------------------------------------
Note added at 9 hrs (2016-01-18 17:36:43 GMT)
--------------------------------------------------

Kutinggalkan no hp ku, siapa tahu minat oper proyek. he3x

Dani Karuniawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 3




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search