Force versus an equal and opposite force.

Indonesian translation: gaya versus gaya lawan yang setara

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Force versus an equal and opposite force.
Indonesian translation:gaya versus gaya lawan yang setara
Entered by: widati utami

15:50 Sep 5, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Physics
English term or phrase: Force versus an equal and opposite force.
Lengkapnya: 'Force versus an equal and
opposite force. An object in motion tending to stay in motion, no matter how
unusual, unwanted, or just plain annoying that motion happened to be.'
widati utami
Indonesia
gaya versus gaya lawan yang setara
Explanation:
Kalau tidak salah, ini disebut dengan hukum aksi-reaksi: gaya lawan adalah sebuah gaya yang timbul sebagai perlawanan terhadap suatu gaya.

Makna <B>lawan adalah kebalikan dalam arah vektor. Jika suatu gaya diterapkan ke atas, maka gaya lawan akan mengarah ke bawah.

Sementara itu, setara menunjukkan besaran gaya, biasanya dalam satuan ukuran newton sebagai penghormatan kepada tokoh fisika klasik Isaac Newton.

Ref: http://id.wikipedia.org/wiki/Statika_fluida
Jika terdapat gaya lawan di ujung pipa yang besarnya tidak sama dengan gaya yang ditransmisikan, maka fluida akan bergerak dalam arah yang sesuai dengan ...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih:-)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3gaya versus gaya lawan yang setara
Erich Ekoputra
4gaya versus gaya yang sama besar dan berlawanan arah
Rahmat Widodo
4gaya melawan gaya yang setara dengan arah berlawanan
Ferry Toar


  

Answers


6 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
force versus an equal and opposite force
gaya versus gaya lawan yang setara


Explanation:
Kalau tidak salah, ini disebut dengan hukum aksi-reaksi: gaya lawan adalah sebuah gaya yang timbul sebagai perlawanan terhadap suatu gaya.

Makna <B>lawan adalah kebalikan dalam arah vektor. Jika suatu gaya diterapkan ke atas, maka gaya lawan akan mengarah ke bawah.

Sementara itu, setara menunjukkan besaran gaya, biasanya dalam satuan ukuran newton sebagai penghormatan kepada tokoh fisika klasik Isaac Newton.

Ref: http://id.wikipedia.org/wiki/Statika_fluida
Jika terdapat gaya lawan di ujung pipa yang besarnya tidak sama dengan gaya yang ditransmisikan, maka fluida akan bergerak dalam arah yang sesuai dengan ...

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11
Grading comment
Terima kasih:-)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  l08l
4 hrs

agree  dias_doniro
17 hrs

agree  hetty raphita tobing: sangat agree
1 day 14 hrs

9 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
force versus an equal and opposite force.
gaya melawan gaya yang setara dengan arah berlawanan


Explanation:
Contoh gaya semacam ini adalah gaya gesek, yang akan timbul secara proporsional melawan gaya eksternal hingga taraf tertentu.

Example sentence(s):
  • Setiap gaya yang lebih kecil dari gaya gesek maksimum yang berusaha untuk menggerakkan salah satu benda akan dilawan oleh gaya gesekan yang setara dengan besar gaya tersebut namun berlawanan arah.

    Reference: http://id.wikipedia.org/wiki/Gaya_gesek
Ferry Toar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3

3 days 6 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
force versus an equal and opposite force.
gaya versus gaya yang sama besar dan berlawanan arah


Explanation:
'Sama besar' menunjukkan besaran skalarnya, sedangkan 'berlawanan arah' menunjukkan besaran vektornya. Jadi, ketika gaya (aksi) dikenakan pada suatu benda, ia akan memperoleh gaya (reaksi) yang sama besar dan berlawanan arah.

Example sentence(s):
  • Every action has an equal and opposite reaction (Newton's 3rd Law)

    Reference: http://www-istp.gsfc.nasa.gov/stargaze/Snewton3.htm
Rahmat Widodo
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search