Discovery

Indonesian translation: permintaan keterangan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Discovery
Indonesian translation:permintaan keterangan
Entered by: Sista Armita

06:50 Jul 21, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Other / law
English term or phrase: Discovery
https://en.wikipedia.org/wiki/Discovery_(law)

Dalam hukum negara Amerika, ada semacam prosedur untuk mencari informasi atau bukti.
Apa ada terminologi dalam hukum indonesia yang memiliki arti sama dengan "Discovery"?

Thanks.
Sista Armita
Indonesia
permintaan keterangan
Explanation:

☕ Jika melihat cara-cara mencari informasi ini berdasarkan uraian Wikipedia (yakni: request for answers to interrogatories, request for production of documents, request for admissions and depositions, subpoenas), istilah yang mirip dalam hukum acara Indonesia adalah permintaan keterangan.

★彡 SURJAYA
http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol17016/menunggu-keb...
Dalam perkara perdata, sebenarnya Hakim bisa memerintahkan para pihak untuk membuka dokumen-dokumen terkait perkara... Menurut Heru yang juga hakim PHI, Pasal tersebut ada untuk membantu buruh yang tidak punya akses terhadap dokumen, serta meminta keterangan... maka ada dasar hukum bagi hakim.

http://www.bi.go.id/html/UU152002_id/bab6.html
Untuk kepentingan pemeriksaan dalam perkara tindak pidana pencucian uang, maka penyidik, penuntut umum, atau hakim berwenang untuk meminta keterangan dari Penyedia Jasa Keuangan mengenai Harta Kekayaan setiap orang yang telah dilaporkan oleh PPATK, tersangka, atau terdakwa...Permintaan keterangan harus diajukan secara tertulis ...

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2017-07-26 06:27:29 GMT)
--------------------------------------------------

Menurut KBBI di sini: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/keterangan kata keterangan sudah mencakup dua makna yang Anda inginkan: bukti dan informasi.

Makna ke-2: sesuatu yang menjadi petunjuk, seperti bukti, tanda; segala sesuatu yang sudah diketahui atau yang menyebabkan tahu; segala alasan

Nah, bagian-bagian yang tebal = bukti + informasi. Jadi, hemat saya, permintaan keterangan sudah tepat dan cukup.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5permintaan keterangan
Erich Eko
4 +1Pengungkapan
Regi2006
4temuan
Toni Faisal


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
discovery
temuan


Explanation:
Istilah yang biasa sepertinya "temuan"

Toni Faisal
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
Notes to answerer
Asker: Biasanya "temuan" digunakan dalam bahasa audit yaitu "findings". Jadi, konteksnya kurang sesuai dengan "Discovery" dalam dokumentasi hukum/legislatif. Terima kasih banyak inputnya.


16 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
discovery
Pengungkapan


Explanation:
Tergantung konteksnya, bisa pengungkapan informasi atau bukti

--------------------------------------------------
Note added at 17 mins (2017-07-21 07:08:49 GMT)
--------------------------------------------------

Atau pengungkapan keterangan

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 31
Notes to answerer
Asker: Saya bisa setuju dengan ini, tapi konteks "Discovery" disini berbeda dengan "Disclosure" yang biasa digunakan dalam akuntansi/laporan keuangan. "Pengungkapan" akan lebih pas dengan disclosure. Thanks anyway.


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
6 hrs

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
discovery
permintaan keterangan


Explanation:

☕ Jika melihat cara-cara mencari informasi ini berdasarkan uraian Wikipedia (yakni: request for answers to interrogatories, request for production of documents, request for admissions and depositions, subpoenas), istilah yang mirip dalam hukum acara Indonesia adalah permintaan keterangan.

★彡 SURJAYA
http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol17016/menunggu-keb...
Dalam perkara perdata, sebenarnya Hakim bisa memerintahkan para pihak untuk membuka dokumen-dokumen terkait perkara... Menurut Heru yang juga hakim PHI, Pasal tersebut ada untuk membantu buruh yang tidak punya akses terhadap dokumen, serta meminta keterangan... maka ada dasar hukum bagi hakim.

http://www.bi.go.id/html/UU152002_id/bab6.html
Untuk kepentingan pemeriksaan dalam perkara tindak pidana pencucian uang, maka penyidik, penuntut umum, atau hakim berwenang untuk meminta keterangan dari Penyedia Jasa Keuangan mengenai Harta Kekayaan setiap orang yang telah dilaporkan oleh PPATK, tersangka, atau terdakwa...Permintaan keterangan harus diajukan secara tertulis ...

--------------------------------------------------
Note added at 4 days (2017-07-26 06:27:29 GMT)
--------------------------------------------------

Menurut KBBI di sini: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/keterangan kata keterangan sudah mencakup dua makna yang Anda inginkan: bukti dan informasi.

Makna ke-2: sesuatu yang menjadi petunjuk, seperti bukti, tanda; segala sesuatu yang sudah diketahui atau yang menyebabkan tahu; segala alasan

Nah, bagian-bagian yang tebal = bukti + informasi. Jadi, hemat saya, permintaan keterangan sudah tepat dan cukup.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 41
Notes to answerer
Asker: Saya lebih setuju dengan "Permintaan Keterangan Bukti/Informasi" tapi mungkin terlalu panjang kalau dipakai dalam dialog sehari-hari. Hanya saja, konteks memang sangat menentukan dalam pemakaian istilah yang tepat.





The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search