lossless and lossy image compression

Indonesian translation: kompresi / pemampatan citra tak berkehilangan dan berkehilangan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:lossless and lossy image compression
Indonesian translation:kompresi / pemampatan citra tak berkehilangan dan berkehilangan
Entered by: M. Laut

08:21 Sep 2, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Medical: Instruments / manual alat kedokteran (sinar X)
English term or phrase: lossless and lossy image compression
To address potential workflow issues with uncompressed data, both lossless and lossy image compression are optionally available, both of which offer significant improvements in transfer and storage with no visual impact on image quality.
----------------------
Lossless image compression improves transfer times by a factor of approximately 4, while lossy image compression improves transfer and storage by an average factor of 11:1, with no visual impact on image quality.
------------------------

Terima kasih banyak --
M. Laut
Indonesia
kompresi / pemampatan citra tak berkehilangan dan berkehilangan
Explanation:
Kompresi / pemampatan gambar lossless / tidak berkehilangan merupakan metode pengecilan data sehingga ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dari aslinya, namun metode lossless / tidak berkehilangan menghasilkan gambar dengan kualitas yang hampir sama dengan asilnya dan tidak ada data / informasi yang hilang. Sedangkan metode berkehilangan / lossy mengecilkan ukuran file dengan menghilangkan sebagian informasi yang tidak diperlukan.
Selected response from:

Joe Ly Sien
Indonesia
Grading comment
Joe -------
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4kompresi gambar/citra tak berugi (lossless) dan berugi (lossy)
Regi2006
4kompresi / pemampatan citra tak berkehilangan dan berkehilangan
Joe Ly Sien
3kompresi gambar utuh dan diperkecil
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


29 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kompresi gambar/citra tak berugi (lossless) dan berugi (lossy)


Explanation:
HTH

--------------------------------------------------
Note added at 36 mins (2016-09-02 08:58:14 GMT)
--------------------------------------------------

Jenis Kompresi
Lossy Compression: Kompresi Berugi
Lossless Compression : Kompresi Tak-Berugi

Sumber kompresi adalah lossy, yang berarti terjadi beberapa bagian komponen dari data yang hilang akibat dari proses kompresi.
Kompresi entropy adalah lossless, yang berarti tidak ada data yang hilang selama proses kompresi (huffman coding).
http://poltekharber1eks3.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-k...

Berdasarkan detail suatu citra, teknik kompresi citra dapat diklasifikasikan menjadi 2 kategori :
– Berugi (Lossy)
Teknik mendapatkan data yang lebih ringkas dengan melalui suatu proses penghampiran (approksimasi) dari data asli dengan tingkat error yang dapat diterima. Beberapa informasi pada citra yang asli hilang, meskipun hanya sebagian kecil saja Contoh : JPEG (Joint Photographic Experts Group), TV
broadcast.
http://elista.akprind.ac.id/upload/files/460_Pertemuan_11.pd...

dibagi menjadi dua jenis, antara lain berugi (lossy) dan tak berugi (lossless). Teknik kompresi berugi membuat kapasitas berkas sebuah citra menjadi kecil.
http://www.elektro.undip.ac.id/el_kpta/wp-content/uploads/20...

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

45 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kompresi / pemampatan citra tak berkehilangan dan berkehilangan


Explanation:
Kompresi / pemampatan gambar lossless / tidak berkehilangan merupakan metode pengecilan data sehingga ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dari aslinya, namun metode lossless / tidak berkehilangan menghasilkan gambar dengan kualitas yang hampir sama dengan asilnya dan tidak ada data / informasi yang hilang. Sedangkan metode berkehilangan / lossy mengecilkan ukuran file dengan menghilangkan sebagian informasi yang tidak diperlukan.

Example sentence(s):
  • Metode lossless / menghasilkan data yang identik dengan data aslinya, hal ini dibutuhkan untuk banyak tipe data, contohnya: executable code, word processing files, tabulated numbers,dan sebagainya.

    Reference: http://whatis.techtarget.com/definition/lossless-and-lossy-c...
Joe Ly Sien
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12
Grading comment
Joe -------

13 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kompresi gambar utuh dan diperkecil


Explanation:
IMHO. Dalam konteks ini, kami menerjemahkan "Lossless = utuh, artinya tidak ada hasil gambar yang diperbesar atau diperkecil. Misalnya gambar 5 R masih tetap lima 5 R, yang dikompresi hanya file saja. Sedangkan lossy = diperkecil, maksudnya hasil gambar tetap utuh tetapi ukurannya saja yang diperkecil dan dikompresi filenya. Misalnya, gambar asli berukuran 5 R diperkecil menjadi 3 R.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search