pile driving

Indonesian translation: pemasangan tiang pancang

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:pile driving
Indonesian translation:pemasangan tiang pancang
Entered by: Erich Eko

00:03 Jan 31, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Mechanics / Mech Engineering / Mechanic
English term or phrase: pile driving
High Impact Equipment/Operations (plate hammering, powers stud guns, concrete breaking, pile driving…)

Terima kasih bantuannya
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
pemasangan tiang pancang
Explanation:

pile adalah tiang pancang yang menjadi pengikat pada gedung bertingkat. Tiang-tiang ini membentuk pondasi tempat berdirinya gedung.

driving harfiahnya adalah mendorong atau menggerakkan. Untuk tiang pancang, kata kerja yang lebih pas adalah memasang, menanam atau memancangkan. Karena pemancangan tiang pancang kurang enak di telinga (mengulang kata pancang terlalu dekat), pemasangan tiang pancang lebih yahud.

SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://dokumen.tips/documents/jenis-pemancangan.html
Jenis-jenis Alat Pemasang Tiang Pancang (Pile Driving Equipment)...

http://www.academia.edu/5395247/METODE_JENIS_PEMANCANGAN_TIA...
Perkembangan selanjutnya dari pondasi tiang pancang dengan adanya berita mengenai Tiang Pancang dan Pemancangannya (Piles and Pile Driving), yang ...
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lainnya juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1pemasangan tiang pancang
Erich Eko
4penancapan tiang pancang
Achmad Fuad Lubis


  

Answers


21 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
pemasangan tiang pancang


Explanation:

pile adalah tiang pancang yang menjadi pengikat pada gedung bertingkat. Tiang-tiang ini membentuk pondasi tempat berdirinya gedung.

driving harfiahnya adalah mendorong atau menggerakkan. Untuk tiang pancang, kata kerja yang lebih pas adalah memasang, menanam atau memancangkan. Karena pemancangan tiang pancang kurang enak di telinga (mengulang kata pancang terlalu dekat), pemasangan tiang pancang lebih yahud.

SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://dokumen.tips/documents/jenis-pemancangan.html
Jenis-jenis Alat Pemasang Tiang Pancang (Pile Driving Equipment)...

http://www.academia.edu/5395247/METODE_JENIS_PEMANCANGAN_TIA...
Perkembangan selanjutnya dari pondasi tiang pancang dengan adanya berita mengenai Tiang Pancang dan Pemancangannya (Piles and Pile Driving), yang ...


Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119
Grading comment
Terima kasih mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lainnya juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ridwan Hutasoit: this fits best
6 days
  -> Tanda terima kasih u/ Rekan Ridwan, pepatah Ghana yang diterjemahkan: Seekor burung yang hinggap terlalu lama akan mengundang lemparan batu.

5 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
penancapan tiang pancang


Explanation:
Kalimat konteks High Impact Equipment/Operations (plate hammering, powers stud guns, concrete breaking, pile driving…) menunjukkan salah satu cara memasang tiang pancang dengan pukulan impact. Untuk dibedakan dengan cara memasang tiang yang lain: bored pile = tiang pancang, baik jenis tiang pancang pipa baja maupun precast concrete pile atau tiang pancang cor ditempat, melalui pengeboran tanah.
Dari nuansa memukul dan mendorong ketanah, disarankan padanannya: penancapan tiang pancang.


--------------------------------------------------
Note added at 5 days (2016-02-05 03:57:47 GMT)
--------------------------------------------------

http://kbbi.web.id/hunjam

hunjam/hun·jam/, menghunjam/meng·hun·jam/ v 1 menukik lurus-lurus ke bawah: burung itu sebentar-sebentar ~ , kemudian melayang; 2 masuk (menancap) lurus-lurus dan dalam (ke tanah dan sebagainya): ia mencabuti pancang-pancang yang ~ di tanah pekarangannya; 3 ki telah mendalam benar (meresap dalam hati sanubari): hal itu sudah ~ benar dalam hati sanubarinya; 4 ki menusuk hati atau perasaan (tentang perkataan): kata-katanya yang pedas ~ perasaan wanita tua itu;

menghunjamkan/meng·hun·jam·kan/ v 1 menukikkan lurus-lurus ke bawah: penerbang itu ~ pesawat terbangnya rendah-rendah kemudian baru membelokkannya; 2 menusukkan; menikamkan; menancapkan lurus-lurus dari atas ke bawah: ia ~ lembing ke tubuh babi hutan itu;~ lutut nan dua, kiberlutut;~ pandang melayangkan pandangan yang tajam;

terhunjam/ter·hun·jam/ v tertancap (ke dalam tanah); terpancang: hidung pesawat terbang yang jatuh itu ~ di rawa


--------------------------------------------------
Note added at 5 days (2016-02-05 03:59:39 GMT)
--------------------------------------------------

Sedangkan penghunjaman tiang pancang dirasa kurang tehnis.

Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search