defect

Indonesian translation: malakerja

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:defect
Indonesian translation:malakerja
Entered by: Agustinus

04:28 Aug 26, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
IT (Information Technology)
English term or phrase: defect
"Class 1-Defect" (CRITICAL) Software function or process on production system is disabled or malfunction;
"Class 2-Defect" (MEDIUM) Software functions or processes are impaired: wrong values of data, inconsistency for some data;
"Class 3-Defect" (MINOR) all other defects, errors or instances;

Programmer will fix the Error, correcting or workaround defected function of the Software.
-----

Defect secara umum diartikan cacat atau rusak/kerusakan. Namun dalam beberapa konteks, rasanya kok kurang pas, apakah rekan sekalian memiliki padalan lain yang dapat digunakan?

Terima kasih
Agustinus
Indonesia
malakerja
Explanation:

☕ Karena kata ini adalah pembentuk definisi (mis. Defect Kelas 1: KRITIS, dst.), kemungkinan memperkenalkan sesuatu yang gres, kreatif, dan menyegarkan adalah besar.

Namun, tentu dengan tetap berpegang teguh pada makna tepatnya. Nah, apakah ada bedanya error, bug, fault, dsb.? Forum berikut bisa bermanfaat u/ menentukan jawaban yang pas: http://programmers.stackexchange.com/questions/37029/differe...

↪ Sebagian kutipannya:

... from the definition in the "IEEE Standards Collection for Software Engineering" (1994) and "IEEE Standard Glossary of Software Engineering Terminology" (standard 610.12, 1990):
Error
An error is a mistake, misconception, or misunderstanding on the part of a software developer ...
Faults (Defects)
A fault (defect) is introduced into the software as the result of an error. It is an anomaly in the software that may cause it to behave incorrectly, and not according to its specification ...
Failures
A failure is the inability of a software system or component to perform its required functions within specified performance requirements ...


malakerja (=kerja yang buruk, mengacu ke KBBI) adalah sebuah istilah yang dipakai di dalam proteksi kelistrikan (lihat surjaya). Kata ini pas dengan makna yang digaris di atas: anomaly, to behave incorrectly. Juga, kata-kata defected function akan berpadanan dengan fungsi yang bermalakerja.

✸✸✸✸✸ SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://ilmulistrik.com/faktor-yang-menyebabkan-kesalahan-ker...
.. adanya kelainan pada individu relai proteksi itu sendiri yang memungkinkan relai tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya / malakerja.

http://dhanggodo.blogspot.co.id/2012/12/forum-pemeliharaan-t...
Menurunkan Gangguan Akibat Malakerja Sistem Proteksi
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
thanks erich.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5malakerja
Erich Eko
4Kerusakan
Regi2006
4galat
Prayudi Wijaya
3Kesalahan
Rianti
3rusak
Ahmad Ridwan Munib
3cacat
Hadiyono Jaqin


  

Answers


1 min   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
cacat


Explanation:


Hadiyono Jaqin
Thailand
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 10

22 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
galat


Explanation:
galat n kekeliruan; kesalahan; cacat (KBBI IV)
biasanya digunakan dalam konteks peranti lunak



    Reference: http://kbbi4.portalbahasa.com/entri/galat
Prayudi Wijaya
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
rusak


Explanation:
IMHO.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Kerusakan


Explanation:
Rekayasa Perangkat Lunak - Page 88 - Google Books Result
https://books.google.co.id › books

Janner Simarmata
3.8 Proses Pencegahan Kerusakan Proses pencegahan kerusakan (Defect Prevention Process [DPP]) bukan ...

--------------------------------------------------
Note added at 1 hr (2016-08-26 05:48:46 GMT)
--------------------------------------------------


kerusakan yang terjadi di dalam komponen perangkat keras atau lunak. Contoh fault : short (hubungan singkat) ... kesalahan perngkodean software. 3. Kerusakan komponen (Component Defect).
BAB II TEKNIK.pdf
storage.jak-stik.ac.id › students › paper

Perangkat Lunak | Gibranius Berutu
gibranius51e.blogstudent.mb.ipb.ac.id › ...
Mobile-friendly - Jan 13, 2015 - Home // Posts tagged "Perangkat Lunak" ... Aplikasi perangkat lunak yang membangun SI akan mengalami ... perbaikan kerusakan (defect repair),; perluasan atau peningkatan produk ...

Sistem Informasi Manajemen - Page 165 - Google Books Result
https://books.google.co.id › books
Perbaikan perangkat keras terjadi berkelanjutan dan peralatan perangkat lunak yang ... (over- seeing) dan mengubah ini dinamakan pemeliharaan perangkat lunak. ... (application) diubah, akan ada risiko kerusakan (defects/bugs) tambahan.



Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23

23 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Kesalahan


Explanation:
Error dalam perangkat lunak biasanya terjadi karena adanya kesalahan coding dari programmer.

Rianti
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day 4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
malakerja


Explanation:

☕ Karena kata ini adalah pembentuk definisi (mis. Defect Kelas 1: KRITIS, dst.), kemungkinan memperkenalkan sesuatu yang gres, kreatif, dan menyegarkan adalah besar.

Namun, tentu dengan tetap berpegang teguh pada makna tepatnya. Nah, apakah ada bedanya error, bug, fault, dsb.? Forum berikut bisa bermanfaat u/ menentukan jawaban yang pas: http://programmers.stackexchange.com/questions/37029/differe...

↪ Sebagian kutipannya:

... from the definition in the "IEEE Standards Collection for Software Engineering" (1994) and "IEEE Standard Glossary of Software Engineering Terminology" (standard 610.12, 1990):
Error
An error is a mistake, misconception, or misunderstanding on the part of a software developer ...
Faults (Defects)
A fault (defect) is introduced into the software as the result of an error. It is an anomaly in the software that may cause it to behave incorrectly, and not according to its specification ...
Failures
A failure is the inability of a software system or component to perform its required functions within specified performance requirements ...


malakerja (=kerja yang buruk, mengacu ke KBBI) adalah sebuah istilah yang dipakai di dalam proteksi kelistrikan (lihat surjaya). Kata ini pas dengan makna yang digaris di atas: anomaly, to behave incorrectly. Juga, kata-kata defected function akan berpadanan dengan fungsi yang bermalakerja.

✸✸✸✸✸ SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://ilmulistrik.com/faktor-yang-menyebabkan-kesalahan-ker...
.. adanya kelainan pada individu relai proteksi itu sendiri yang memungkinkan relai tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya / malakerja.

http://dhanggodo.blogspot.co.id/2012/12/forum-pemeliharaan-t...
Menurunkan Gangguan Akibat Malakerja Sistem Proteksi


Erich Eko
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 111
Grading comment
thanks erich.




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search