provide a measure

Indonesian translation: memberikan bukti

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:provide a measure
Indonesian translation:memberikan bukti
Entered by: Agustinus

14:04 Feb 11, 2016
English to Indonesian translations [PRO]
Idioms / Maxims / Sayings
English term or phrase: provide a measure
- this method also provide a measure of that empowerment as well.

- Thus artifacts provide a measure of actual practice rather than just a self-report of practice.


---
thank you
Agustinus
Indonesia
memberikan bukti
Explanation:
#IMHO
Selected response from:

Badar Tsani Ramadhan
Indonesia
Grading comment
thank you :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +3memberikan bukti
Badar Tsani Ramadhan
5 +1memberikan sejumput / sekelumit
Erich Eko
5menjadi sebuah alat ukur
Ridwan Hutasoit
5memberikan suatu ukuran
Achmad Fuad Lubis
3 +1memberikan patokan ukuran
ivo abdman
3memberi tindakan
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +3
memberikan bukti


Explanation:
#IMHO

Badar Tsani Ramadhan
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 3
Grading comment
thank you :)

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ridwan Hutasoit: it fits well
28 mins

agree  Hipyan Nopri
10 hrs

agree  Herma Trilas
16 hrs

37 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
menjadi sebuah alat ukur


Explanation:
.... menjadi sebuah pengukuran ....

Ridwan Hutasoit
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

54 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
memberikan sejumput / sekelumit


Explanation:

☕ Dari banyak makna untuk measure, yang patut diperhatikan u/ konteks ini adalah yang terkait dengan frasa a measure of. thefreedictionary.com mengatakan bahwa salah satu makna frasa ini bila dikaitkan dengan benda abstrak (dalam kasus ini: empowerment, actual practice, dua hal ini tidak bisa diukur dengan satuan pasti seperti kilogram atau sentimeter) adalah:

measure: A limited amount or degree: e.g. a measure of goodwill.

☕ Jadi, sejumlah kecil, atau singkatnya sejumput atau sekelumit. Penerapan pada kalimat kedua misalnya: ... memberikan sekelumit praktik sungguhan alih-alih sekadar ...

Surjaya memberikan contoh penggunaan pada kata benda abstrak.

SURJAYA ✸✸✸✸✸
https://books.google.co.id/books?id=XpmE3C95OkwC&pg=PA215&lp...
Zariel tidak pernah melihat sekelumit keikhlasan dalam diri Junita kerana dia sendiri sedang dibuai perasaan halus terhadap seorang gadis lain.

http://www.hpi.or.id/pelatihan-penjurubahasaan-simultan
Dalam pelatihan ini, akan ada pula praktik penjurubahasaan simultan untuk memberikan sekelumit pengalaman penjurubahasaan...

http://sidomi.com/422575/louis-van-gaal-era-kejayaan-manches...
Masuknya Van Gaal memberikan sejumput optimisme namun fakta yang terjadi bisa dibilang tidak jauh dari Moyes...

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 50

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  fird_77: Benar, maknanya sangat kontekstual: setitik, sedikit, secercah, seiris, secuil, sekilas, dst..., begitulah kita mengekspresikan makna "sedikit".
2 hrs
  -> Tanda terima kasih u/ dukungan rekan Dariyatno: pepatah Igbo setelah diterjemahkan: Burung yang lepas dari bumi namun mendarat di bukit sarang semut masih tetap di tanah (=Buatlah kemajuan yang jelas dan nyata)

10 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
memberikan patokan ukuran


Explanation:
yang umum dan sering dijumpai

whealth is not a measure of happiness

Kekayaan tidak dapat dijadikan patokan ukuran kebahagiaan seseorang

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Yuliana Wati: atau menjadi tolok ukur, menjadi standar (http://kbbi.web.id/tolok)
6 hrs
  -> nuhun :)

12 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
memberikan suatu ukuran


Explanation:
Dari kalimat konteks: penggunaan frasa adalah terkait dengan proses mengukur dan mengevaluasi suatu program a.l. pemberdayaan (empowerment) suatu elemen masyarakat misalnya kaum perempuan, kaum dhuafa (miskin). Dengan adanya metoda pengukuran yang sah, maka bisa dipertanggung-jawabkan hasilnya.
Referensi: http://kbbi.web.id/ukur
ukuran n 1 hasil mengukur; 2 panjang, lebar, luas, besar sesuatu; format: kertas dengan ~ 34 x 22 cm; 3 bilangan yang menunjukkan besar satuan ukuran suatu benda; 4 cak alat untuk mengukur, misalnya penggaris, meteran, jengkal: ~ nya hanya menggunakan jengkal; 5 ki norma:bertindak tanpa ~;
https://translate.google.co.id/?ie=UTF-8&hl=id&client=tw-ob#...
provide a measure > memberikan suatu ukuran
Padanan yang disarankan disini adalah memberikan suatu ukuran


Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3

12 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
memberi tindakan


Explanation:
IMHO.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search