compassionate leave

Indonesian translation: cuti berkabung

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:compassionate leave
Indonesian translation:cuti berkabung
Entered by: Agustinus

02:57 Dec 27, 2018
English to Indonesian translations [PRO]
Human Resources
English term or phrase: compassionate leave
It’s informed that the Manager has spent this month on compassionate leave and will return next summer.


---
thank you
Agustinus
Indonesia
cuti berkabung
Explanation:
Nampaknya ‘compassionate leave’ dan ‘bereavement leave’ bisa sama atau bisa berbeda, tergantung pada jurisdikinya. ‘Compassionate leave’ diberikan jika seorang anggota keluarga meninggal atau divonis mengidap penyakit yang mengancam nyawa, sementara ‘bereavement leave’ diberikan jika seorang anggota keluarga meninggal dunia.

Apabila negara asal terjemahan tersebut menyamakan ‘bereavement leave’ dan ‘compassionate leave’ maka saya usulkan ‘cuti berkabung’.
Selected response from:

Ian Forbes
New Zealand
Grading comment
Thank you :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5cuti khusus
Regi2006
5cuti kerahiman (kerabat meninggal)
Erich Eko
4cuti penting
Monica Arifin
3cuti berkabung
Ian Forbes


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
cuti khusus


Explanation:
http://belajarhr.blogspot.com/2009/10/re-bls-diskusi-hrd-for...

Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 24

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
cuti penting


Explanation:
Compassionate leave:
time that you are allowed to be away from work because somebody in your family is ill/sick or has died

https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/englis...

Cuti penting
Cuti penting berhak didapatkan karyawan yang memang tidak bisa hadir di kantor karena berbagai alasan penting, seperti meninggal, menikah, dan berbagai keperluan mendesak lainnya. Sesuai dengan Pasal 93 ayat (2) dan (4) yang mengatur tentang lama hari cuti yang diperoleh karyawan berdasarkan kepentingannya.

https://bplawyers.co.id/2018/07/23/hak-cuti-bagi-karyawan-me...

Monica Arifin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

9 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
cuti kerahiman (kerabat meninggal)


Explanation:

Sepanjang pengalaman saya dahulu sebagai karyawan, compassionate leave tidak mempunyai padanan tersendiri, dan disebut di kalangan karyawan dengan cuti karena keluarga meninggal.

Istilah cuti kerahiman saya usulkan dengan beranalogi pada uang kerahiman, sejenis uang tali asih yang diberikan karena orang tertimpa musibah, a.l. rumah tergusur, anggota keluarganya meninggal, dsb. Namun, pada cuti kerahiman, makna yang terkandung adalah cuti karena ingin menunjukkan kasih sayang/belas kasih terhadap mendiang.

✔️ Untuk perkenalan sebelum berterima luas, keterangan tambahan dapat diberikan dalam kurung: cuti kerahiman (kerabat meninggal).

🙋 Catatan: walau yang luas digunakan adalah kerohiman, ejaan yang baku per KBBI adalah kerahiman.

👷👷👷 SURJAYA
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt591c021d3e1f2/at...
Pekerja Tetap Dibayar Upahnya Jika Tidak Dapat Bekerja Karena Hal Tertentu
Hal tersebut diatur dalam Pasal 93 ayat (1) dan (2) UU Ketenagakerjaan yang berbunyi:...
pekerja/buruh tidak masuk bekerja karena pekerja/buruh menikah, menikahkan, mengkhitankan, membaptiskan anaknya, isteri melahirkan atau keguguran kandungan, suami atau isteri atau anak atau menantu atau orang tua atau mertua atau anggota keluarga dalam satu rumah meninggal dunia;

http://suarajakarta.co/news/warga-gusuran-gang-laler-kemayor...
Kedatangan mereka bermaksud menuntut pergantian berupa uang kerohiman pasca penggusuran yang dilakukan oleh petugas gabungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beberapa hari silam.

http://harian.analisadaily.com/headline/news/pm-penembak-mat...
Bagi keluarga Rendi yang ditinggalkan, kata Enoh, pihak Den­pom 1/5 Medan akan menyelesaikannya se­ca­ra kekeluar­gaan dan memberikan uang kerohiman. Informasi diperoleh menyebutkan, Rendi sempat dilari­kan ka­wan-kawannya menggunakan becak bermotor ke Ru­mah Sakit Permata Bunda. Karena terlalu banyak menge­luarkan darah, nyawa­nya tak dapat disela­mat­kan.


Erich Eko
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 174

21 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
cuti berkabung


Explanation:
Nampaknya ‘compassionate leave’ dan ‘bereavement leave’ bisa sama atau bisa berbeda, tergantung pada jurisdikinya. ‘Compassionate leave’ diberikan jika seorang anggota keluarga meninggal atau divonis mengidap penyakit yang mengancam nyawa, sementara ‘bereavement leave’ diberikan jika seorang anggota keluarga meninggal dunia.

Apabila negara asal terjemahan tersebut menyamakan ‘bereavement leave’ dan ‘compassionate leave’ maka saya usulkan ‘cuti berkabung’.



    https://www.fairwork.gov.au/leave/compassionate-and-bereavement-leave
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 11
Grading comment
Thank you :)




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search