where a new hire would have to stand up to a senior manager in an environment ..

Indonesian translation: .........harus tegas menghadapi ......

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:where a new hire would have to stand up to a senior manager in an environment ..
Indonesian translation:.........harus tegas menghadapi ......
Entered by: hetty raphita tobing

20:50 Nov 24, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Human Resources / HRM
English term or phrase: where a new hire would have to stand up to a senior manager in an environment ..
Normally we would hold each other accountable for misconduct, but in this specific situation, where a new hire would have to stand up to a senior manager in an environment that seems to accept his behavior, it would be better to use the formal complaints procedure to investigate possible persistent misconduct.

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
.........harus tegas menghadapi ......
Explanation:
to stand up to someone/something artinya tegas mempertahankan pendirian kita walaupun dalam situasi dimana kita mungkin dianggap tidak berpengaruh, dll. Jadi dalam kasus ini kelihatannya karyawan baru ini tidak setuju dengan cara berpikir/cara bertindak/perlakuan dari si manajer senior ini dan memutuskan untuk bersikap tegas walaupun lingkungan kerjanya nampaknya sudah menerima hal tersebut (entah karena takut atau sudah apatis).
Selected response from:

hetty raphita tobing
Indonesia
Grading comment
Terima kasih mbak Raphita, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1.........harus tegas menghadapi ......
hetty raphita tobing
5bila pegawai baru terpaksa membela dirinya melawan manajer senior dalam suatu lingkungan
Dani Karuniawan
4 +1jika seorang pegawai baru terpaksa menentang manajer senior di antara orang-orang yang...
Yuliana Wati
4dalam hal situasi menuntut seorang pegawai baru untuk bersikap asertif terhadap manajer senior
Budi Suryadi-
4 -1ketika seorang karyawan baru harus sabar/tabah menghadapi manajer senior dalam lingkungan...
fird_77


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): -1
ketika seorang karyawan baru harus sabar/tabah menghadapi manajer senior dalam lingkungan...


Explanation:
to stand up to berarti: a) make a spirited defense against, b) be resistant to the harmful effects of (prolonged wear or use).

Jadi, kalau situasinya informal, kita bisa saling meminta pertanggungjawaban atas kesalahan sikap/perilaku, namun dalam situasi formal (di kantor yang dipimpin oleh manajer), maka kesalahan sikap/perilaku manajer harus diterima dan dikomplain sesuai prosedur.

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Amanda Trisia: Maaf tapi stand up for him/herself itu menyatakan sebuah sikap aktif, sedangkan sabar/tabah lebih mencerminkan pasif.
10 days

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
.........harus tegas menghadapi ......


Explanation:
to stand up to someone/something artinya tegas mempertahankan pendirian kita walaupun dalam situasi dimana kita mungkin dianggap tidak berpengaruh, dll. Jadi dalam kasus ini kelihatannya karyawan baru ini tidak setuju dengan cara berpikir/cara bertindak/perlakuan dari si manajer senior ini dan memutuskan untuk bersikap tegas walaupun lingkungan kerjanya nampaknya sudah menerima hal tersebut (entah karena takut atau sudah apatis).

hetty raphita tobing
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih mbak Raphita, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Amanda Trisia: Agree, menurut saya ini paling tepat dalam konteksnya.
10 days

15 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
jika seorang pegawai baru terpaksa menentang manajer senior di antara orang-orang yang...


Explanation:
Arti kata 'stand up to someone or something' yang saya temukan adalah sebagai berikut:
- to take a stand against someone or something; to hold one's ground or principles in the face of a challenge by someone or something
- Confront fearlessly, oppose boldly
- To confront fearlessly; face up to
- to oppose someone or something without fear

Kesimpulan saya, 'stand up to' berarti secara terang-terangan tidak menyetujui atau berani mengambil sikap yang berbeda. Karena itu saya memilih kata menentang sebagai terjemahan untuk 'stand up to'.



    Reference: http://idioms.thefreedictionary.com/stand+up+to
Yuliana Wati
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Dini Yulianti
4 hrs

3 days 13 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
bila pegawai baru terpaksa membela dirinya melawan manajer senior dalam suatu lingkungan


Explanation:
"stand up to" => melawan dengan nuansa makna membela diri

Asumsi implisit: pegawai baru tidak berani melawan manajer senior.
Perhatikan kata "have to" (harus, terpaksa).

Apa pegawai baru itu berbeda dari umumnya pegawai baru yang lain?

Maka, dilakukan penyelidikan resmi apakah betul tindakan itu membela diri. Bila betul, maka penyelidikan kemudian berbalik arah ke si manajer senior; bila salah, si pegawai baru kena sangsi.

--------------------------------------------------
Note added at 3 days13 hrs (2015-11-28 10:23:23 GMT)
--------------------------------------------------

Ralat:
Apa pegawai baru itu berbeda dari umumnya pegawai baru yang lain? => Apa sebab pegawai baru itu berbeda dari umumnya pegawai baru?

Dani Karuniawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

4 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
dalam hal situasi menuntut seorang pegawai baru untuk bersikap asertif terhadap manajer senior


Explanation:
"stand up to" dalam konteks tersebut adalah menunjukkan sikap asertif

Budi Suryadi-
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search