The Resource Curse Revisited

Indonesian translation: menakar ulang kutukan sumber daya

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:the resource curse revisited
Indonesian translation:menakar ulang kutukan sumber daya
Entered by: Erich Eko

00:10 Sep 2, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Government / Politics / Marketing
English term or phrase: The Resource Curse Revisited
The Resource Curse Revisited: Governance and Natural Resources. "Ini sebuah judul tentang pengelola sumber daya alam di suatu negara".

Terima kasih bantuannya.
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
menakar ulang kutukan sumber daya
Explanation:

resource curse sepertinya menutup peluang mereka-reka, walau bisa saja memakai laknat sumber daya (dipakai 0 kali di web menurut Google). Frasa yang luas dipakai adalah kutukan sumber daya yang ditemukan 5800+ kali oleh Google.

☕ Yang bisa diutak-atik adalah revisited. Makna yang relevan di sini adalah (kamus Merriam-Webster): revisit to reconsider or reevaluate, atau menimbang/menilai ulang. Saya usulkan frasa yang terdengar cukup keren dan catchy, apalagi u/ judul makalah: menakar ulang. Surjaya di bawah memperlihatkan beberapa judul.

✔ Bentuknya bisa pasif: kutukan sumber daya ditakar ulang, namun bentuk aktif akan lebih *enyoi*: menakar ulang kutukan sumber daya.

↪ Google: "menakar ulang" = 2.800+ telusuran.

SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://www.kompasiana.com/mlutfimustofa/menakar-ulang-ideali...
Menakar Ulang Idealisme Pendidikan Nasional
Dalam bahasa agama (Islam), terdapat adagium Ilahiah yang bisa dipakai untuk memulai tulisan ini ...

http://lukisankeabadian.blogspot.com/2015/03/menakar-ulang-k...
Menakar Ulang Kekuatan Menolak Reklamasi Teluk Benoa.
Mungkin agak terlambat saya membuat tulisan ini ...

http://zaenalabidinriam.blogspot.com/2013/11/menakar-ulang-s...
Menakar Ulang Sakralitas Sumpah Pemuda.
Sumpah merupakan sebuah pernyataan yang dikeluarkan secara sadar dan tanpa paksaan dari ...
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
Terima kasih mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5menakar ulang kutukan sumber daya
Erich Eko
4menimbang ulang kutukan sumber daya
Achmad Fuad Lubis
4Meninjau kembali kutukan sumber daya
finalwind
3kutukan sumber daya dibahas lagi
Arif Rakhman


  

Answers


11 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
the resource curse revisited
kutukan sumber daya dibahas lagi


Explanation:
-

Arif Rakhman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

23 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
the resource curse revisited
Meninjau kembali kutukan sumber daya


Explanation:
Revisited = meninjau kembali.
[Kunjungan kembali] kurang pas karena ini konteksnya bukan tempat.


finalwind
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
the resource curse revisited
menakar ulang kutukan sumber daya


Explanation:

resource curse sepertinya menutup peluang mereka-reka, walau bisa saja memakai laknat sumber daya (dipakai 0 kali di web menurut Google). Frasa yang luas dipakai adalah kutukan sumber daya yang ditemukan 5800+ kali oleh Google.

☕ Yang bisa diutak-atik adalah revisited. Makna yang relevan di sini adalah (kamus Merriam-Webster): revisit to reconsider or reevaluate, atau menimbang/menilai ulang. Saya usulkan frasa yang terdengar cukup keren dan catchy, apalagi u/ judul makalah: menakar ulang. Surjaya di bawah memperlihatkan beberapa judul.

✔ Bentuknya bisa pasif: kutukan sumber daya ditakar ulang, namun bentuk aktif akan lebih *enyoi*: menakar ulang kutukan sumber daya.

↪ Google: "menakar ulang" = 2.800+ telusuran.

SURJAYA ✸✸✸✸✸
http://www.kompasiana.com/mlutfimustofa/menakar-ulang-ideali...
Menakar Ulang Idealisme Pendidikan Nasional
Dalam bahasa agama (Islam), terdapat adagium Ilahiah yang bisa dipakai untuk memulai tulisan ini ...

http://lukisankeabadian.blogspot.com/2015/03/menakar-ulang-k...
Menakar Ulang Kekuatan Menolak Reklamasi Teluk Benoa.
Mungkin agak terlambat saya membuat tulisan ini ...

http://zaenalabidinriam.blogspot.com/2013/11/menakar-ulang-s...
Menakar Ulang Sakralitas Sumpah Pemuda.
Sumpah merupakan sebuah pernyataan yang dikeluarkan secara sadar dan tanpa paksaan dari ...

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 71
Grading comment
Terima kasih mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
the resource curse revisited
menimbang ulang kutukan sumber daya


Explanation:
Judul kajian dalam konteks ini mengundang perhatian pembaca bahwa sumber daya yang seharusnya merupakan rahmat (blessing) apalagi melimpah (abundant) dapat menimbulkan perlambatan atau ketidak-mantapan pembangunan politik, sosial dan ekonomi suatu negara. Saya berpendapat padanan kutukan sudah memadai karena sebenarnya bukan hal yang sejatinya diinginkan warga negara, namun dengan upaya yang tepat, bukan tidak mungkin hal itu dapat dibalikkan menjadi positip.

http://www.kamus.net/english/revisit

revisit (Verb)
to reconsider or re-experience something

Telusuran google menghasilkan sekitar 478.000 hasil aantara lain:

http://www.gresnews.com/berita/ekonomi/1145168-menimbang-ula...
http://www.academia.edu/10034497/Menimbang_Ulang_Individuali...
https://id-id.facebook.com/notes/marufin-sudibyo/menimbang-u...
http://bugisposonline.com/menimbang-ulang-makna-kebebasan-pe...
http://nasional.sindonews.com/read/846652/18/menimbang-ulang...


--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2015-09-02 03:01:38 GMT)
--------------------------------------------------

http://www.kamus.net/english/reconsider

reconsider (v)
mempertimbangkan lagi


Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search