Principal-Agent

Indonesian translation: prinsipal-agen

09:50 Jun 10, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Government / Politics / Politics
English term or phrase: Principal-Agent
Principal-Agent Models Go to Europe. Ini sebuah judul.

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Indonesian translation:prinsipal-agen
Explanation:
Menurut rujukan di bawah ini, principal-agent model pada dasarnya merupakan teori mengenai hubungan kontraktual antara penjual (agent) dan pembeli (principal).

Menurut teori ini, kehidupan sosial merupakan suatu rangkaian kontrak antara dua pihak: penjual barang atau jasa dan pembeli barang atau jasa. Penjual disebut sebagai agen, dan pembeli disebut sebagai prinsipal.

Karena itu, teori ini disebut teori keagenan (agency theory).

Hubungan prinsipal-agen ini diatur oleh kontrak yg menjelaskan apa yg harus dilakukan agen dan apa yg harus dilakukan prinsipal sebagai imbalannya.

Contoh:
Bidang Kesehatan
Pasien adalah prinsipal (pembeli jasa perawatan kesehatan) dan dokter adalah agen (penjual jasa perawatan kesehatan).

Bidang Pemerintahan
Negara adalah prinsipal (pembeli jasa bidang keahlian para pegawai negeri) dan pegawai negeri adalah agen (penjual jasa bidang keahliannya).

Jadi, karena aplikasi teori ini mencakup semua bidang kehidupan sosial, saya mengusulkan untuk mengindonesiakan istilah bahasa Inggris tsb menjadi:

principal-agen model = model prinsipal-agen
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih pak Hipyan Nopri, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lainnya juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5prinsipal-agen
Hipyan Nopri
4forum-aktor
Achmad Fuad Lubis
3agen utama
Rudolf Frans Maulany
3atasan-bawahan
Ikram Mahyuddin


  

Answers


37 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
principal-agent
atasan-bawahan


Explanation:
https://books.google.co.id/books?id=_tWCLog8FPoC&pg=PA147&lp...

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
principal-agent
forum-aktor


Explanation:
Dalam berbagai makalah tentang administrasi publik, istilah principal-agent sangat lazim dipakai tanpa diterjemahkan. Pada hakekatnya berarti "hubungan dimana satu pihak bertindak atas nama pihak yang lain" dan pihak yang diberi tugas dan kewenangan bertindak harus mempunyai akuntabilitas. Ada pembahasan yang menggunakan istilah hubungan forum-aktor. Referensi: http://kebebasaninformasi.org/en/2013/12/03/akuntabilitas-da... IMHO, forum-aktor dapat dusulkan sebagai alternatif padanan.

Achmad Fuad Lubis
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
principal-agent
prinsipal-agen


Explanation:
Menurut rujukan di bawah ini, principal-agent model pada dasarnya merupakan teori mengenai hubungan kontraktual antara penjual (agent) dan pembeli (principal).

Menurut teori ini, kehidupan sosial merupakan suatu rangkaian kontrak antara dua pihak: penjual barang atau jasa dan pembeli barang atau jasa. Penjual disebut sebagai agen, dan pembeli disebut sebagai prinsipal.

Karena itu, teori ini disebut teori keagenan (agency theory).

Hubungan prinsipal-agen ini diatur oleh kontrak yg menjelaskan apa yg harus dilakukan agen dan apa yg harus dilakukan prinsipal sebagai imbalannya.

Contoh:
Bidang Kesehatan
Pasien adalah prinsipal (pembeli jasa perawatan kesehatan) dan dokter adalah agen (penjual jasa perawatan kesehatan).

Bidang Pemerintahan
Negara adalah prinsipal (pembeli jasa bidang keahlian para pegawai negeri) dan pegawai negeri adalah agen (penjual jasa bidang keahliannya).

Jadi, karena aplikasi teori ini mencakup semua bidang kehidupan sosial, saya mengusulkan untuk mengindonesiakan istilah bahasa Inggris tsb menjadi:

principal-agen model = model prinsipal-agen

Example sentence(s):
  • ". . . tindak korupsi dapat dipetakan melalui model “ prinsipal- agen ” ( principal-agent model ), yang menjelaskan hubungan antara negara ( principal ) dan pegawai publik ( agent )."

    Reference: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.119...
    Reference: http://www.dannydarussalam.com/wp-content/uploads/2014/05/In...
Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 66
Grading comment
Terima kasih pak Hipyan Nopri, atas bantuan istilahnya. Teman-teman lainnya juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

2 days 6 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
principal-agent
agen utama


Explanation:
agen utama

Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Native speaker of: Indonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search