inflation-targeting regimes

Indonesian translation: sistem penetapan target inflasi

05:02 Jun 16, 2015
English to Indonesian translations [PRO]
Finance (general) / Banking
English term or phrase: inflation-targeting regimes
Moreover, the form that these contracts take in real world is often inflation-targeting regimes (XXX 1997), where
governments fix the inflation rate they wish, and central banks are then free to choose the means to achieve this target.

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Indonesian translation:sistem penetapan target inflasi
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 19 mins (2015-06-16 05:21:45 GMT)
--------------------------------------------------

Istilah 'Penetapan Target Inflasi' digunakan di situs Bank Indonesia.
Penetapan Target Inflasi

Target atau sasaran inflasi merupakan tingkat inflasi yang harus dicapai oleh Bank Indonesia, berkoordinasi dengan Pemerintah. Penetapan sasaran inflasi berdasarkan UU mengenai Bank Indonesia dilakukan oleh Pemerintah. Dalam Nota Kesepahaman antara Pemerintah dan Bank Indonesia, sasaran inflasi ditetapkan untuk tiga tahun ke depan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK).
http://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/bi-dan-inflasi/Conten...

Inflation targeting is a monetary policy in which a central bank has an explicit target inflation rate for the medium term and announces this inflation target to the public.
https://en.wikipedia.org/wiki/Inflation_targeting

Regime: A way of organizing or managing something; a system.
http://www.thefreedictionary.com/regime
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih pak Hipyan Nopri, atas bantuan istilahnya. Teman-teman yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1sistem penetapan target inflasi
Hipyan Nopri
5rezim penargetan inflasi
Erich Eko
4kebijakan penyasaran inflasi
hetty raphita tobing


  

Answers


6 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
sistem penetapan target inflasi


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 19 mins (2015-06-16 05:21:45 GMT)
--------------------------------------------------

Istilah 'Penetapan Target Inflasi' digunakan di situs Bank Indonesia.
Penetapan Target Inflasi

Target atau sasaran inflasi merupakan tingkat inflasi yang harus dicapai oleh Bank Indonesia, berkoordinasi dengan Pemerintah. Penetapan sasaran inflasi berdasarkan UU mengenai Bank Indonesia dilakukan oleh Pemerintah. Dalam Nota Kesepahaman antara Pemerintah dan Bank Indonesia, sasaran inflasi ditetapkan untuk tiga tahun ke depan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK).
http://www.bi.go.id/id/moneter/inflasi/bi-dan-inflasi/Conten...

Inflation targeting is a monetary policy in which a central bank has an explicit target inflation rate for the medium term and announces this inflation target to the public.
https://en.wikipedia.org/wiki/Inflation_targeting

Regime: A way of organizing or managing something; a system.
http://www.thefreedictionary.com/regime


Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 117
Grading comment
Terima kasih pak Hipyan Nopri, atas bantuan istilahnya. Teman-teman yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Achmad Fuad Lubis
22 mins

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
rezim penargetan inflasi


Explanation:

inflation targeting bisa dipadankan secara ringkas dengan penargetan inflasi. Kebetulan, kedua kata sudah ada di KBBI: penargetan: n proses, cara, perbuatan menargetkan.

★ Sebagai frasa, penargetan inflasi digunakan pada karya ilmiah (dua surjaya pertama sebagai contoh).

√ Yang menarik adalah kata regime. KBBI mengisyaratkan (lewat entrinya) bahwa padanannya adalah rezim, dengan makna yang terbatas. Tetapi, banyak orang yang suka dengan bentuk tidak bakunya: rejim. Surjaya memberikan dua contoh pemakaian di kalangan lembaga resmi.

★ Sekali lagi, makna rezim di dua contoh ini sama dengan salah satu makna regime di dalam bahasa Inggris (suatu tata aturan atau cara). KBBI telah membatasi hanya pada urusan tahta/kekuasaan. Yang pasti, rezim ekonomi bersifat sementara; ganti pemerintah bisa terjadi ganti rezim. Bahkan ketika terjadi situasi seperti krisis moneter, rezim bisa berputar haluan.

SURJAYA ★★★★★
http://www.bi.go.id/id/publikasi/jurnal-ekonomi/Documents/Da...
Literatur terbaru telah berupaya untuk memeriksa jika penargetan inflasi berdampak pada konvergensi inflasi. Penargetan inflasi dianggap efektif dalam mengurangi laju inflasi dan ekspektasi inflasi.

https://books.google.co.id/books?id=IhEJb4m4IncC&pg=PA75&lpg...
inflasi tidak mengharuskan fokus tunggal pada inflasi—pada kenyataannya pengalaman telah menunjukkan bahwa pelaku penargetan inflasi ....

http://www.bi.go.id/id/publikasi/artikel-kertas-kerja/kertas...
Sebaliknya, meningkatnya kredibelitas dan efektifitas kebijakan moneter dalam menjaga rejim inflasi yang rendah, akan menurunkan derajat pass-through.

http://perpustakaan.bappenas.go.id/lontar/file?file=digital/...
Misalnya, terlihat akan berakhirnya rezim inflasi rendah di dunia. Jika inflasi global naik, tentunya suku bunga juga akan juga meningkat.


Erich Eko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 215

3 days 11 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kebijakan penyasaran inflasi


Explanation:
Sebenarnya, kalau dilihat dari beberapa penjelasan yang saya baca mengenai "inflation-targeting regimes", kata "regimes" menunjuk pada negara atau pemerintahan suatu negara yang menerapkan kebijakan inflation-targeting. Tapi dalam konstruksi kalimat yang diberikan Pak Ridwan, agak kurang pas kalau kita menerjemahkannya menjadi "negara" atau "pemerintah".

hetty raphita tobing
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in EnglishEnglish




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search