https://wiki.proz.com/kudoz/english-to-indonesian/energy-power-generation/6701650-charging-discharging-charger-discharger.html

Charging & Discharging, Charger & Discharger

Indonesian translation: pengisian daya & pengurasan daya, pengisi daya & penguras daya

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Charging & Discharging, Charger & Discharger
Indonesian translation:pengisian daya & pengurasan daya, pengisi daya & penguras daya
Entered by: Toni Faisal

03:38 Aug 27, 2019
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Energy / Power Generation / Baterai
English term or phrase: Charging & Discharging, Charger & Discharger
Charger

A battery charger can be connected to the discharge system, this way the voltage of each cell can be monitored during both discharge and charge.


Discharger

This discharger offers you a complete solution for testing all types of lead-acid batteries from 2-96 V. It enables you to discharge your batteries with a precisely controlled current - adjustable from zero to the maximum rated value - while keeping the battery voltage under control.
Toni Faisal
Indonesia
pengisian daya & pengurasan daya, pengisi daya & penguras daya
Explanation:

⚡ Sejalan dengan maraknya ponsel, masyarakat awam menjadi sangat kenal dengan alat bernama pengisi daya (charger). Istilah ini dapat ditemukan di manual-manual gawai ini, misalnya:

https://keepo.me/techno/rekomendasi-charger-fast-berbagai-me...
Rekomendasi quick charger lainnya ada Xiaomi yang chargernya juga punya fitur fast charging. Pengisi daya baterai buatan Xiaomi memiliki tegangan hingga 9V dan bisa mengisi baterai dalam waktu singkat.

⚡ Karena itu, charging menjadi mengisi daya/pengisian daya, sesuai dengan konteksnya.

🔌 Yang lebih tidak umum adalah discharger. Nah, tentu ini lawan alat di atas, sebagai penguras daya. Secara otomatis, discharging menjadi menguras daya/pengurasan daya, sesuai dengan konteksnya.

Acuannya a.l.:
https://pelajarotomotif.blogspot.com/2018/05/aki-baterai.htm...
Akibat dari proses discharge ini akan menguras daya listrik di dalam baterai...

https://www.tokopedia.com/mazelelektronik/charger-rechargeab...
* Switch ke kiri untuk mengecas dan switch ke kanan untuk menguras baterai (Discharging)

https://id.wikihow.com/Memperpanjang-Daya-Tahan-Baterai-iPad
Menguras baterai Anda sampai benar-benar habis secara berulang kali (disebut “deep discharge”) dapat memperpendek masa hidup baterai.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5pengisian daya & pengurasan daya, pengisi daya & penguras daya
Erich Ekoputra
4 +1pengisian, pengosongan, pengisi, pengosong
Hipyan Nopri


  

Answers


22 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
charging & discharging, charger & discharger
pengisian, pengosongan, pengisi, pengosong


Explanation:
Charging = pengisian
Discharging = pengosongan

Charger = pengisi
Discharger = pengosong

--------------------------------------------------
Note added at 28 mins (2019-08-27 04:07:08 GMT)
--------------------------------------------------

Ref.:
. . . kondisi pengisian (charging), atau kondisi pengosongan (discharging).
https://netsolar.wordpress.com/2018/03/04/karakteristik-bate...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 60
Notes to answerer
Asker: Terima kasih atas masukannya, Mas Hipyan...



2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
charging & discharging, charger & discharger
pengisian daya & pengurasan daya, pengisi daya & penguras daya


Explanation:

⚡ Sejalan dengan maraknya ponsel, masyarakat awam menjadi sangat kenal dengan alat bernama pengisi daya (charger). Istilah ini dapat ditemukan di manual-manual gawai ini, misalnya:

https://keepo.me/techno/rekomendasi-charger-fast-berbagai-me...
Rekomendasi quick charger lainnya ada Xiaomi yang chargernya juga punya fitur fast charging. Pengisi daya baterai buatan Xiaomi memiliki tegangan hingga 9V dan bisa mengisi baterai dalam waktu singkat.

⚡ Karena itu, charging menjadi mengisi daya/pengisian daya, sesuai dengan konteksnya.

🔌 Yang lebih tidak umum adalah discharger. Nah, tentu ini lawan alat di atas, sebagai penguras daya. Secara otomatis, discharging menjadi menguras daya/pengurasan daya, sesuai dengan konteksnya.

Acuannya a.l.:
https://pelajarotomotif.blogspot.com/2018/05/aki-baterai.htm...
Akibat dari proses discharge ini akan menguras daya listrik di dalam baterai...

https://www.tokopedia.com/mazelelektronik/charger-rechargeab...
* Switch ke kiri untuk mengecas dan switch ke kanan untuk menguras baterai (Discharging)

https://id.wikihow.com/Memperpanjang-Daya-Tahan-Baterai-iPad
Menguras baterai Anda sampai benar-benar habis secara berulang kali (disebut “deep discharge”) dapat memperpendek masa hidup baterai.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 45




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also: