sputtered

Indonesian translation: ditembak

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:sputtered
Indonesian translation:ditembak
Entered by: M. Laut

07:19 Jan 17, 2014
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Energy / Power Generation / sel surya (solar cell)
English term or phrase: sputtered
Also, the XXXX layers were sputtered from compound XXXX targets resulting in a very short cycle time (eliminating the need for selenizing the solar cells for several hours).
===============
===============
M. Laut
Indonesia
ditembak
Explanation:
Dalam hal pembuatan sel surya, 'sputtered' adalah ditembak.

Tetapi untuk
pembuatan lapisan tipis dari bahan padat yang mempunyai titik leleh tinggi harus dengan teknik sputtering yaitu dengan cara bahan padat yang akan dilapiskan ditembak (di-sputter) dengan ion argon sehingga atom-atom padatan tersebut terpercik dan terdeposisi pada permukaan substrat yang dilapisi.

http://digilib.batan.go.id/ppin/katalog/index.php/searchkata...
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Mantap, Wiyanto. Trim's---
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1ditembak
Wiyanto Suroso
4dipercikkan (sputter)
Erich Ekoputra
3beterbangan
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


57 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
beterbangan


Explanation:
Menurut kamus "Istilh Teknik oleh As'ad Sungguh", sputter = beterbangan.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
ditembak


Explanation:
Dalam hal pembuatan sel surya, 'sputtered' adalah ditembak.

Tetapi untuk
pembuatan lapisan tipis dari bahan padat yang mempunyai titik leleh tinggi harus dengan teknik sputtering yaitu dengan cara bahan padat yang akan dilapiskan ditembak (di-sputter) dengan ion argon sehingga atom-atom padatan tersebut terpercik dan terdeposisi pada permukaan substrat yang dilapisi.

http://digilib.batan.go.id/ppin/katalog/index.php/searchkata...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Mantap, Wiyanto. Trim's---

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Fabio M. Caldas
4 hrs
  -> Terima kasih.

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
dipercikkan (sputter)


Explanation:

Saya perhatikan bahwa masih banyak yang mempertahankan kata Inggris untuk sputtering. Mungkin ilmuwan kimia kita masih kurang PD.

√ Ada baiknya mencoba bentuk: terjemahan + kata asli dalam kurung berupa dipercikkan (sputter). Hasilnya:

Juga, lapisan XXXX dipercikkan (sputter) dari senyawa...

REFERENSI ★★★★★★★
http://kimia.ft.uns.ac.id/file/Kuliah/Pengumuman/Contoh Prop...
Menurut Hoshi Y. ( 1999 ), Sputtering adalah suatu metode pemercikan material yang dideposisikan pada substrationisasi target oleh bombardir elektron.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 45




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search