the start-up and shut down operation

Indonesian translation: Proses menghidupkan dan proses mematikan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:the start-up and shut down operation
Indonesian translation:Proses menghidupkan dan proses mematikan
Entered by: Vincentius Mariatmo

14:54 Aug 16, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Energy / Power Generation
English term or phrase: the start-up and shut down operation
Dalam tulisan tsb ada istilah "power on" dan "power off" juga ada istilah "turn on" dan turn off"
Mohon dibantu alternatif padanannya sebanyak2nya untuk membedakan ketiganya.
ivo abdman
Indonesia
Proses menghidupkan dan proses mematikan
Explanation:
Start-up dan shut-down merupakan serangkaian proses kerja dan tidak bisa dilakukan secara instan / dalam sekejap.
Misalnya : Shut-down computer memerlukan waktu beberapa detik / menit karena komputer perlu waktu untuk merekam memory dan setting yang ada serta mematikan service pada sistem operasi (Operating System).

"turn on" dan "turn off" bisa dianalogikan dengan "switch on" dan "switch off" dimana prosesnya singkat.
Misalnya : Switch/turn on the stabilizer -> kita hanya perlu menekan satu tombol/tuas saja.

"power on" dan "power off" hampir mirip dengan "start-up" dan "shut-down", hanya waktunya relatif singkat dan lebih ke arah teknis mempersiapkan suatu benda agar bisa dioperasikan dengan sempurna.
Misalnya : "Power on the rocket" atau "Power on the weapon" -> menyalakannya singkat, tapi perlu waktu buat memanaskan mesin :D
CMIIW.
Selected response from:

Vincentius Mariatmo
Grading comment
thanks, boleh juga akal-akalannya
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1menghidupkan dan mematikan
Indra Sofyar
5Proses menghidupkan dan proses mematikan
Vincentius Mariatmo
5menyalakan dan mematikan
nazir
3awal dan akhir proses/kegiatan
Alex ST


Discussion entries: 2





  

Answers


2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
menghidupkan dan mematikan


Explanation:
menghidupkan dan mematikan genset

Sesuaikan beban dengan kapasitas generator. Beban harus diputus terlebih dahulu. pada saat menghidupkan & mematikan generator. Perawatan rutin generator : ...



    www.its.ac.id/personal/files/material/255-santoso-Panduan%20Pengoperasian%20Perangkat%20metrocom.pdf -
Indra Sofyar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri: Sudah pas.
7 hrs

1 day 4 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
menyalakan dan mematikan


Explanation:
arti sudah jelas, jadi tidak perlu penjelasan lebih lanjut

nazir
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day 13 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
awal dan akhir proses/kegiatan


Explanation:
frase tsb diawali dengan the..., yang mengindikasikan start-up juga shut down digunakan bukan sebagai verb, sebaliknya sebagai Noun. Jika ada konteknya barabgkali lebih jelas. Saya hanya dapat memberikan gambaran umum. Semoga bermanfaat. Cat. menurut hemat saya sesungguhnya frasenya adalah the start up and shut down of (the) operation.

Example sentence(s):
  • The start up dan shut down of coal fired steam power plant will soon be in operation.
Alex ST
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 days 2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Proses menghidupkan dan proses mematikan


Explanation:
Start-up dan shut-down merupakan serangkaian proses kerja dan tidak bisa dilakukan secara instan / dalam sekejap.
Misalnya : Shut-down computer memerlukan waktu beberapa detik / menit karena komputer perlu waktu untuk merekam memory dan setting yang ada serta mematikan service pada sistem operasi (Operating System).

"turn on" dan "turn off" bisa dianalogikan dengan "switch on" dan "switch off" dimana prosesnya singkat.
Misalnya : Switch/turn on the stabilizer -> kita hanya perlu menekan satu tombol/tuas saja.

"power on" dan "power off" hampir mirip dengan "start-up" dan "shut-down", hanya waktunya relatif singkat dan lebih ke arah teknis mempersiapkan suatu benda agar bisa dioperasikan dengan sempurna.
Misalnya : "Power on the rocket" atau "Power on the weapon" -> menyalakannya singkat, tapi perlu waktu buat memanaskan mesin :D
CMIIW.

Vincentius Mariatmo
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
thanks, boleh juga akal-akalannya




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search