wildlife officer

Indonesian translation: petugas perlindungan satwa [liar]

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:wildlife officer
Indonesian translation:petugas perlindungan satwa [liar]
Entered by: Erich Eko

08:45 Sep 30, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitlte
English term or phrase: wildlife officer
Kira2 APa ya terjemahan yang enak dan singkat untuk subtitle?
Thanks.
Yohanes Sutopo
petugas perlindungan satwa [liar]
Explanation:

⚽ Ini salah satu istilah terpopuler u/ menerjemahkan frasa wildlife officer. Kekuasaan mereka mencakup dua matra: kawasannya sendiri (mis. taman nasional), dan satwa liarnya (sekalipun sudah dibawa ke luar kawasan, misalnya u/ diselundupkan, dipelihara sendiri, atau dikomersialkan).

🏈 Sebaiknya memang lengkap: petugas perlindungan satwa, sebab tanpa liar, bisa baur dengan satwa domestik/peliharaan yang dilindungi dari a.l. penyiksaan (mis. tidak boleh adu anjing). Tetapi, jika konteks terang-benderang bagi pembaca, petugas perlindungan satwa akan dipahami dengan baik.

★彡 SURJAYA
http://www.antaranews.com/berita/504345/satwa-dilindungi-ban...
"Kami meminta pemerintah melalui petugas perlindungan satwa untuk menutup perdagangan satwa liar yang diperdagangkan dengan cara kejam," kata Investigator Senior Scorpio, Marison Guciano melalui pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

https://www.dpaw.wa.gov.au/news/item/3299-native-reptiles-se...
Wildlife officers from the Department of Biodiversity, Conservation and Attractions (DBCA) seized six parcels that contained 94 reptiles in Kalgoorlie last week.

http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2016/06/160601_dunia_thai...
Puluhan petugas perlindungan satwa liar bekerja memindahkan lebih dari 130 ekor harimau dari kuil di provinsi Kanchanaburi tersebut.
Selected response from:

Erich Eko
Indonesia
Grading comment
thanks.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2penjaga/polisi hutan
Regi2006
5petugas perlindungan satwa [liar]
Erich Eko
5petugas satwa liar
Toni Faisal
4petugas suaka margasatwa
Hipyan Nopri
4polisi kehutanan
Eki Qushay Akhwan
3 -1pawang
Ahmad Ridwan Munib


  

Answers


27 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
petugas satwa liar


Explanation:
sepertinya petugas yang menangani satwa liar

Toni Faisal
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
petugas suaka margasatwa


Explanation:
Dalam konteks ini, wildlife = wildlife sanctuary/refuge = suaka margastawa.

Rujukan:
Suaka margasatwa merupakan kawasan hutan yang ditetapkan sebagai tempat perlindungan satwa yang memiliki nilai khas. Perlindungan diupayakan bagi satwa-satwa yang karena kondisi dan keadaannya memerlukan upaya perlindungan untuk menjamin kelangsungan hidupnya. Meskipun tujuan utamanya melestarikan satwa tetapi juga mencakup perlindungan ekosistemnya.
https://jurnalbumi.com/suaka-margasatwa/

A wildlife officer, or fish and game warden, patrols parks and wildlife refuges to prevent fish and game law violations.
http://www.environmentalscience.org/career/wildlife-officer

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 124

13 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): -1
pawang


Explanation:
Tambahan masukan dan bahan pertimbangan.

Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 8

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Eki Qushay Akhwan: Pawang terlalu umum, dan biasanya tidak dikategorikan sebagai officer atau petugas resmi yang mendapat/memiliki wewenang hukum; sedangkan wildlife officer yang dipakai dalam teks sumber adalah petugas yang memiliki wewenang hukum.
1 day 16 hrs
  -> Terima kasih

16 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
petugas perlindungan satwa [liar]


Explanation:

⚽ Ini salah satu istilah terpopuler u/ menerjemahkan frasa wildlife officer. Kekuasaan mereka mencakup dua matra: kawasannya sendiri (mis. taman nasional), dan satwa liarnya (sekalipun sudah dibawa ke luar kawasan, misalnya u/ diselundupkan, dipelihara sendiri, atau dikomersialkan).

🏈 Sebaiknya memang lengkap: petugas perlindungan satwa, sebab tanpa liar, bisa baur dengan satwa domestik/peliharaan yang dilindungi dari a.l. penyiksaan (mis. tidak boleh adu anjing). Tetapi, jika konteks terang-benderang bagi pembaca, petugas perlindungan satwa akan dipahami dengan baik.

★彡 SURJAYA
http://www.antaranews.com/berita/504345/satwa-dilindungi-ban...
"Kami meminta pemerintah melalui petugas perlindungan satwa untuk menutup perdagangan satwa liar yang diperdagangkan dengan cara kejam," kata Investigator Senior Scorpio, Marison Guciano melalui pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

https://www.dpaw.wa.gov.au/news/item/3299-native-reptiles-se...
Wildlife officers from the Department of Biodiversity, Conservation and Attractions (DBCA) seized six parcels that contained 94 reptiles in Kalgoorlie last week.

http://www.bbc.com/indonesia/dunia/2016/06/160601_dunia_thai...
Puluhan petugas perlindungan satwa liar bekerja memindahkan lebih dari 130 ekor harimau dari kuil di provinsi Kanchanaburi tersebut.

Erich Eko
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 434
Grading comment
thanks.

18 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
penjaga/polisi hutan


Explanation:
Polisi itu tidak sebatas yang kita kenal secara umum, tapi juga mereka yang menjaga keamanan hutan.

Alternatifnya adalah penjaga hutan.

n anggota badan pemerintah (pegawai negara yang bertugas menjaga keamanan dan sebagainya)
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/POLISI

http://arsavin666.blogspot.co.id/2011/09/penjaga-hutan-nusan...



Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 72

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Herma Trilas
1 day 1 hr
  -> Thanks

agree  Eki Qushay Akhwan: Polisi hutan, atau nama resminya menurut peraturan adalah Polisi Kehutanan.
1 day 11 hrs
  -> Thanks

2 days 5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
polisi kehutanan


Explanation:
Setahu saya, di Indonesia tidak ada petugas yang secara khusus menangani perlindungan satwa liar seperti deskripsi tugas wildlife officer di negara-negara lain. Tugas itu ditangani oleh polisi kehutanan, yang deskripsi tugasnya menurut peraturan yang berlaku antara lain:

1. Melaksanakan perlindungan dan pengamanan hutan, kawasan hutan, hasil hutan, tumbuhan dan satwa liar; dan

2. mempertahankan dan menjaga hak-hak negara, masyarakat, dan perorangan atas hutan, kawasan hutan, hasil hutan, tumbuhan dan satwa liar, investasi serta perangkat yang berhubungan dengan pengelolaan hutan. (Pasal 4 ayat (1) Permenhut RI No.P.75/Menhut-II/2014 Tentang POLISI KEHUTANAN).

Selain itu, pengertian wildlife sendiri saat ini telah mengalami pergeseran, tidak lagi hanya mencakup satwa, tapi juga fauna.

Dengan demikian, saya kira, padanan paling mendekati dan paling dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah polisi hutan.


Example sentence(s):
  • Wildlife traditionally refers to undomesticated animal species, but has come to include all plants, fungi, and other organisms that grow or live wild in an area without being introduced by humans.[1]

    https://www.gamewardenedu.org/job-description/
    Reference: http://peraturan.go.id/permen/kemenhut-nomor-p.75-menhut-ii-...
Eki Qushay Akhwan
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search