material goods

Indonesian translation: barang berwujud

00:29 Oct 11, 2014
English to Indonesian translations [PRO]
Accounting / Accounting
English term or phrase: material goods
As XXX (1997), suggests, the source of economic value and wealth is no longer the production of material goods but the creation and manipulation of intangible asset.

Terima kasih bantuannya ...
Ahmad Ridwan Munib
Indonesia
Indonesian translation:barang berwujud
Explanation:
Dalam topik ini, penekanan yang ingin diperjelas adalah konsep intangibility dalam ekonomi yang membedakan konsep barang dan jasa.

Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.
http://id.wikipedia.org/wiki/Barang

1. Intangibility

Jasa berbeda dengan barang.Bila barang dapat dimiliki,maka jasa hanya bisa dikonsumsi tetapi tidak dimiliki.misalnya telepon dalam jasa telekomunikasi,pesawat dalam jasa angkutan udara,makanan dalam jasa restoran.jasa bersifat intangible,maksudnya tidak dapat dilihat,dirasa,dicium,didengar,atau dirabasebelum dibeli dan dikonsumsi.
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/19/barang-dan-j...

Usulan saya, material goods di sini bisa dipadankan menjadi "barang berwujud", karena akan dibedakan dengan intangible asset atau aset tak berwujud.
Selected response from:

Ano Jumisa
Indonesia
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2barang berwujud
Ano Jumisa
5bahan baku
Toni Faisal
5barang materi
Titi Sayeed
4barang konkret
M. Laut
3 +1benda materi
Ikram Mahyuddin
4barang-barang kebendaan
fird_77


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
benda materi


Explanation:
atau benda yang terlihat

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Titi Sayeed
8 days

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
barang-barang kebendaan


Explanation:
material goods = barang-barang kebendaan (bendawi)
material things = hal-hal kebendaan (bendawi)
material law = hukum kebendaan (bendawi)
material right = hak kebendaan (bendawi)

fird_77
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
barang berwujud


Explanation:
Dalam topik ini, penekanan yang ingin diperjelas adalah konsep intangibility dalam ekonomi yang membedakan konsep barang dan jasa.

Barang didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari penjual ke pelanggan, kebalikan dengan suatu jasa (tak berwujud, intangible). Istilah "komoditas" sering digunakan dalam mikroekonomi untuk membedakan barang dan jasa.
http://id.wikipedia.org/wiki/Barang

1. Intangibility

Jasa berbeda dengan barang.Bila barang dapat dimiliki,maka jasa hanya bisa dikonsumsi tetapi tidak dimiliki.misalnya telepon dalam jasa telekomunikasi,pesawat dalam jasa angkutan udara,makanan dalam jasa restoran.jasa bersifat intangible,maksudnya tidak dapat dilihat,dirasa,dicium,didengar,atau dirabasebelum dibeli dan dikonsumsi.
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2012/10/19/barang-dan-j...

Usulan saya, material goods di sini bisa dipadankan menjadi "barang berwujud", karena akan dibedakan dengan intangible asset atau aset tak berwujud.

Ano Jumisa
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Yusuf Akhmadi
4 days
  -> Terima kasih , Mas Yusuf!

agree  Titi Sayeed
8 days

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
barang konkret


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

8 days   confidence: Answerer confidence 5/5
barang materi


Explanation:
As XXX (1997), suggests, the source of economic value and wealth is no longer the production of material goods but the creation and manipulation of intangible asset.

.......berpendapat, sumber nilai dan kekayaan ekonomi sekarang bukan lagi merupakan penghasilan barang materi akan tetapi lebih kepada penciptaan dan pengelolaan asset yang tak berwujud

Titi Sayeed
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

20 days   confidence: Answerer confidence 5/5
bahan baku


Explanation:
bahan baku yang dijadikan sebagai bahan dasar dalam tercapai nya suatu produk jadi

Toni Faisal
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The KudoZ network provides a framework for translators and others to assist each other with translations or explanations of terms and short phrases.


See also:

Your current localization setting

English

Select a language

Term search
  • All of ProZ.com
  • Term search
  • Jobs
  • Forums
  • Multiple search